Kompas.com - 22/10/2021, 17:40 WIB
Aksi gelandang timnas Indonesia, Ricky Kambuaya (tengah) pada laga leg kedua play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 melawan Taiwan di Chang Arena, Buriram, Thailand, Senin (11/10/2021). DOK. PSSIAksi gelandang timnas Indonesia, Ricky Kambuaya (tengah) pada laga leg kedua play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 melawan Taiwan di Chang Arena, Buriram, Thailand, Senin (11/10/2021).

KOMPAS.comSepak bola merupakan salah satu olahraga terpopuler di dunia. Olahraga satu ini digemari banyak orang baik pria dan wanita, usia muda hingga tua.

Sepak bola merupakan jenis permainan bola besar yang dilakukan secara beregu dengan tiap regu berisi 11 pemain.

Kemudian, dalam pertandingan sepak bola mempertemukan dua regu berbeda dengan tujuan untuk mencetak gol ke gawang lawan.

Kendati tiap tim berisi 11 orang, ada jumlah minimum pemain setiap regu atau tim agar pertandingan sepak bola bisa terlaksana.

Baca juga: Asal-usul Sepak Bola

Penjelasan mengenai jumlah minimal pemain satu tim sepak bola, diterapkan beradasarkan regulasi dalam Laws of the Game yang dirilis oleh Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam aturan resmi IFAB, jumlah maksimal pemain sepak bola dalam satu tim pada pertandingan sepak bola senior putra adalah 11 (sebelas) orang, termasuk satu anggota tim sebagai penjaga gawang atau kiper.

Antoine Griezmann (tengah) melakukan protes setelah menerima hukuman kartu merah pada laga ketiga Grup B Liga Champions yang mempertemukan Atletico Madrid vs Liverpool di Stadion Wanda Metropolitano, Rabu (20/10/2021) dini hari WIB.AFP/ JAVIER SORIANO Antoine Griezmann (tengah) melakukan protes setelah menerima hukuman kartu merah pada laga ketiga Grup B Liga Champions yang mempertemukan Atletico Madrid vs Liverpool di Stadion Wanda Metropolitano, Rabu (20/10/2021) dini hari WIB.

Sebuah pertandingan tidak boleh dimulai atau dilanjutkan apabila sebuah tim mempunyai kurang dari tujuh pemain di lapangan termasuk kiper.

Baca juga: Wasit dalam Sepak Bola: Jumlah, Tugas, Fungsi, dan Pergerakannya

Sementara jumlah minimal suatu kesebelasan agar dapat bermain sepakbola adalah 7 (tujuh) pemain.

Namun demikian ada satu hal yang perlu dipahami dalam jumlah minimal pemain dalam sebuah tim, terlebih ketika bola masih dalam permainan.

Jika satu atau dua orang pemain dengan sengaja keluar lapangan dan mengakibatkan timnya kurang dari tujuh pemain, wasit tidak wajib menghentikan saat bola masih dalam permainan. Artinya, keuntungan bagi tim lawan dengan kondisi tersebut.

Akan tetapi, jika sebuah tim tidak memiliki jumlah minimal tujuh pemain setelah bola keluar dari permainan, wasit tidak boleh melanjutkan pertandingan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber IFAB
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.