Kompas.com - 20/10/2021, 12:30 WIB
Salah satu alasan seseorang banyak makan tapi tetap kurus mungkin karena banyak bergerak aktif atau sering olahraga. SHUTTERSTOCKSalah satu alasan seseorang banyak makan tapi tetap kurus mungkin karena banyak bergerak aktif atau sering olahraga.

KOMPAS.com - Kebugaran jasmani merupakan salah satu faktor penting yang menunjang aktivitas sehari-hari, termasuk saar berolahraga. Pendidikan kebugaran jasmani pun masuk dalam materi pendidikan anak-anak sekolah yakni Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK).

Kebugaran dan kesehatan jasmani adalah dua hal penting bagi seseorang. Jika tubuh dalam kondisi bugar dan sehat, aktivitas bisa dilakukan secara lebih lancar.

Hakikat Kebugaran Jasmani

Kondisi jasmani yang bersangkutan dengan kemampuan berfungsinya pekerjaan secara optimal dan efisien dinamakan hakikat kebugaran jasmani.

Dilansir dari Kompas.com Skola, pengertian kebugaran jasmani adalah kesanggupan dan kemampuan tubuh melakukan penyesuaian terhadap pembebanan fisik yang diberikan kepadanya (dari kerja yang dilakukan sehari-hari) tanpa menimbulkan kelelahan berlebihan.

Baca juga: Prinsip-prinsip Latihan Kebugaran Jasmani

Setiap orang membutuhkan level kebugaran jasmani yang baik agar ia bisa melaksanakan pekerjaannya secara efektif tanpa mengalami kelelahan berarti.

Ada beberapa faktor yang memengaruhi tingkat kebugaran jasmani seseorang, di antaranya adalah umur, jenis kelamin, dan asupan makanan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Agar tubuh tetap sehat dan bugar, seseorang bisa melakukan aktivitas fisik atau berolahraga secara teratur.

Komponen Kebugaran Jasmani

Dikutip dari Modul 5 Bugar dan Sehat (2017) terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, komponen-komponen kebugaran jasmani adalah faktor penentu kondisi fisik setiap individu.

Seseorang dapat dikatakan memiliki kebugaran jasmani ketika seluruh komponen dari tubuhnya sehat dan bisa bekerja secara efektif.

Baca juga: Jenis Tes Kebugaran Jasmani

Terdapat 10 komponen atau unsur kebugaran jasmani, yakni:

  1. Kekuatan (strength)
  2. Daya tahan (endurance)
  3. Daya otot (muscular power)
  4. Kecepatan (speed)
  5. Kelenturan (flexibility)
  6. Kelincahan (agility)
  7. Koordinasi (coordination)
  8. Keseimbangan (balance)
  9. Ketepatan (accuracy)
  10. Reaksi (reaction)

Ke-10 komponen kebugaran jasmani tersebut bisa ditingkatkan dengan melakukan latihan fisik. Misalnya, untuk meningkatkan kekuatan bisa melakukan latihan fisik berupa push-up, sit-up, atau back-up.

Ilustrasi senam aerobik di rumah bersama anak.Dok. Nestlé MILO Ilustrasi senam aerobik di rumah bersama anak.

Manfaat Latihan Kebugaran Jasmani

Latihan fisik secara teratur dan benar dapat membantu meningkatkan kebugaran jasmani serta membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Baca juga: Komponen Kebugaran Jasmani dalam Permainan Kasti

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari latihan kebugaran jasmani.

  1. Menurunkan berat badan dan mencegah obesitas
  2. Mencegah terjadinya penyakit jantung
  3. Mencegah dan mengatur penyakit diabetes
  4. Meningkatkan kualitas hormon
  5. Menurunkan tekanan darah tinggi
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.