Sepak Bola PON Papua: SOS Tuntut Investigasi Laga Aceh Vs Kaltim karena Dugaan Pengaturan Skor

Kompas.com - 05/10/2021, 16:00 WIB
Pemain Kaltim M.Rivaldi saat berhasil mengecoh lawannya dari aceh.dalam pertandingan Kaltim VS Aceh yang berlangsung di Stadion Barnabas Youwe Sentani, Kabupaten Jayapura (Senin 04/10/2021). Dokumentasi PB PON XX Papua 2021Pemain Kaltim M.Rivaldi saat berhasil mengecoh lawannya dari aceh.dalam pertandingan Kaltim VS Aceh yang berlangsung di Stadion Barnabas Youwe Sentani, Kabupaten Jayapura (Senin 04/10/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Laga pamungkas Grup C sepak bola putra PON XX Papua 2021 yang mempertemukan Aceh dan Kalimantan Timur (Kaltim) terindikasi diwarnai praktik "main sabun" atau pengaturan skor.

Sebab, bentrok Aceh vs Kaltim di Stadion Barnabas Youwe, Sentani, Kabupaten Jayapura, diwarnai dengan gol tidak wajar sehingga berakhir dengan skor 3-2.

“Laga pamungkas Grup C sepak bola PON XX yang dimenangi Aceh 3-2 atas Kalimantan Timur di Stadion Stadion Barnabas Youwe, Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin (4/10), menghadirkan tanda tanya. Utamanya, tentang proses gol bunuh diri yang terjadi,” ujar Koordinator Save Our Soccer (SOS), Akmal Marhali, dalam rilis resminya.

Baca juga: Profil Uchida Sudirman, Pemain Persija yang Raih Medali Emas Muaythai PON XX Papua

“Penting untuk diinvestigasi oleh PSSI lewat Komite Fair Play, Komite Disiplin, Komite Integritas bahkan Satgas Anti Mafia Bola."

"Agar tanda tanya besar kemungkinan adanya "main mata" a.k.a "main sabun" terjawab dengan benar berdasarkan fakta!” imbuhnya.

Laga itu sebenarnya menentukan nasib tiga tim, yakni Aceh, Kaltim, dan Sulawesi Utara (Sulut).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk bisa lolos ke babak selanjutnya, Sulut hanya membutuhkan hasil seri pada pertandingan Aceh vs Kaltim. Sulut juga bisa lolos jika Kaltim mengalahkan Aceh.

Namun, pada laga tersebut, Kaltim dan Aceh terkesan bermain mata karena terlihat sangat mudah menjebol gawang satu sama lain.

Kedua tim itu seakan sengaja sama-sama memperbesar jarak selisih gol dengan Sulut.

Indikasi pengaturan skor semakin menguat setelah M. Rizky Ramadhan mencetak gol ke gawangnya sendiri pada menit ke-70.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.