Kompas.com - 02/10/2021, 15:30 WIB
Pemain timnas Indonesia Boaz Solossa saat bertanding melawan Thailand pada laga final Piala AFF Suzuki Cup 2016 leg pertama di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Rabu (14/12/2016). Indonesia menang 2-1 atas Thailand dan akan bertanding di final Piala AFF Suzuki Cup 2016 leg kedua di Stadion Rajamangala, Thailand, Sabtu (17/12/2016) mendatang. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMOPemain timnas Indonesia Boaz Solossa saat bertanding melawan Thailand pada laga final Piala AFF Suzuki Cup 2016 leg pertama di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Rabu (14/12/2016). Indonesia menang 2-1 atas Thailand dan akan bertanding di final Piala AFF Suzuki Cup 2016 leg kedua di Stadion Rajamangala, Thailand, Sabtu (17/12/2016) mendatang.

KOMPAS.com - Sepak bola menjadi salah satu cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan dalam Pekan Olahraga Nasional atau PON. Sepak bola PON pun kerap melahirkan bintang-bintang lapangan hijau yang kemudian memperkuat timnas Indonesia.

Sebanyak 37 cabor dari 56 disiplin dipertandingkan pada PON XX Papua 2021. Salah satu cabor bergengsi pada PON kali ini adalah sepak bola.

Sepak bola putra PON XX 2021 diikuti oleh 11 tim yang dibagi menjadi tiga grup pada babak penyisihan. Sementara itu untuk sepak bola putri, ada dua grup yang masing-masing dihuni oleh tiga tim.

Tiga stadion yakni Stadion Mahacandra, Stadion Mandala, dan Stadion Barnabas Youwe disiapkan sebagai venue pertandingan sepak bola PON XX Papua.

Pemain-pemain muda potensial diharapkan bakal muncul dari cabor sepak bola PON edisi tahun ini.

Pada edisi-edisi terdahulu, PON kerap menjadi tempat lahirnya pemain-pemain muda berbakat yang kelak mendapatkan kesempatan membela timnas Indonesia.

Baca juga: Opening Ceremony PON XX Papua 2021, Tayang di Kompas TV Hari Ini

Berikut Kompas.com merangkum lima bintang timnas Indonesia yang merupakan jebolan ajang Pekan Olahraga Nasional.

1. Budi Sudarsono (PON XV 2000 Jawa Timur)

Mantan pemain Persija Jakarta dan timnas Indonesia, Budi Sudarsono.DOK. PERSIJA JAKARTA Mantan pemain Persija Jakarta dan timnas Indonesia, Budi Sudarsono.

PON XV yang digelar di Jawa Timur pada tahun 2000 menjadi panggung bagi Budi Sudarsono yang saat itu memperkuat tim sepak bola tuan rumah.

Tak hanya turut membawa kontingen Jawa Timur meraih medali emas cabor sepak bola PON XV, Budi juga tampil sebagai pencetak gol terbanyak.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.