Kompas.com - 18/09/2021, 14:20 WIB
Pebola voli Indonesia 1 Rivan Nurmulki melepaskan smes ke arah pebola voli Jepang pada babak semifinal bola voli 18th Asian Games Invitation Tournament di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Selasa (13/2/2017). Timnas Voli Jepang melangkah ke Final dan akan bertemu Timnas Indonesia 2. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGPebola voli Indonesia 1 Rivan Nurmulki melepaskan smes ke arah pebola voli Jepang pada babak semifinal bola voli 18th Asian Games Invitation Tournament di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Selasa (13/2/2017). Timnas Voli Jepang melangkah ke Final dan akan bertemu Timnas Indonesia 2.

KOMPAS.com - Permainan bola voli dimainkan oleh dua tim yang masing-masing terdiri dari 6 (enam) orang pemain di lapangan. Dalam satu tim, setiap akan menempati posisi sesuai dengan tugasnya.

Secara umum, posisi pemain dalam bola voli dibagi menjadi enam yaitu server, tosser atau set-upper, spiker atau smasher, pembendung atau blocker, libero atau defender, dan universal player atau pemain serbaguna.

Dikutip dari situs resmi Federasi Bola Voli Internasional (FIVB), starting line-up sebuah tim voli saat bertanding biasanya terdiri dari satu orang tosser, dua orang blocker, dua orang defender, dan satu orang universal player.

Namun, nama posisi pemain voli dalam sebuah pertandingan akan selalu berubah-ubah karena mereka harus melakukan rotasi.

Baca juga: Float Service dalam Bola Voli

Rotasi adalah pergeseran posisi pemain yang dilakukan saat tim mendapatkan giliran melakukan servis setelah memenangi sebuah rally atas tim lawan.

Rotasi dilakukan sekali searah jarum jam dengan pergerakan posisi mengacu pada posisi awal setiap pemain pada awal set (game).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Alur rotasi dalam permainan bola voli ini berlaku kepada semua pemain di lapangan, dengan pengecualian pada posisi sebagai libero dalam sebuah tim.

Posisi dan Tugas Pemain Voli

Selain posisinya yang berbeda-beda, setiap pemain bola voli juga memiliki tugas yang berbeda-beda.

Berikut adalah penjelasan kode posisi permainan angka dari 1-6-5 dan 4-3-2 dalam permainan bola voli.

Ilustrasi lapangan bola voli beserta posisi dan nomor pemainnya. (Ilustrasi: Ervan Yudhi/KOMPAS.com)Dok. KOMPAS.com Ilustrasi lapangan bola voli beserta posisi dan nomor pemainnya. (Ilustrasi: Ervan Yudhi/KOMPAS.com)

Penjelasan Nomor dan Tugas Pemain

  • Posisi nomor 1: Server

Tugas seorang server adalah melakukan servis alias pukulan yang menandai dimulainya permainan atau rally. Tugas untuk mengambil servis biasanya diambil secara bergantian, setelah itu pemain bisa mengemban peran lain baik sebagai setter atau pemain bertahan (defender).

Halaman:


Sumber FIVB
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.