Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Legenda Sepak Bola Belanda Berdarah Maluku, Termasuk Pencetak Gol Tercepat Liga Champions

Kompas.com - 16/09/2021, 22:20 WIB
Ervan Yudhi Tri Atmoko

Penulis

KOMPAS.com - Sudah bukan rahasia lagi bahwa di Belanda ada banyak sekali pesepak bola berdarah Indonesia, khususnya Maluku. Beberapa dari mereka bahkan menjadi legenda sepak bola Negeri Kincir Angin.

Salah satu legenda sepak bola Belanda yang memiliki darah Maluku adalah mantan kapten timnas Oranje, Giovanni van Bronckhorst.

Van Bronckhorst yang mengoleksi 106 caps bersama timnas Belanda diketahui punya darah Maluku dari sang ibu.

Namun, eks pemain Arsenal dan Barcelona itu bukan satu-satunya pemain bola keturunan Maluku yang berhasil mengukir prestasi gemilang di sepak bola dunia.

Berikut KOMPAS.com merangkum lima legenda sepak bola Belanda yang memiliki darah Maluku.

Baca juga: 7 Pemain yang Pernah Berkostum Barcelona dan Bayern Muenchen

1. Demy de Zeeuw

Demy de Zeeuw lahir di Apeldoorn pada 26 Mei 1983. Ia tercatat pernah berseragam sejumlah klub Liga Belanda yakni Go Ahead Eagles, AZ Alkmaar, Ajax, dan NAC Breda.

De Zeeuw yang gantung sepatu pada 2015 juga pernah memperkuat Spartak Moskwa dan Anderlecht.

Semasa kariernya, De Zeeuw pernah merasakan gelar juara Eredivisie 2008-2009 (AZ Alkmaar) dan 2010-2011 (Ajax). Sementara ketika membela Anderlecht, ia sukses meraih tiga gelar juara Belgian Pro League.

Di pentas internasional, eks gelandang yang kini berusia 38 tahun itu masuk skuad timnas Belanda saat menjadi runner-up Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan.

Demy de Zeeuw diketahui memiliki garis keturunan Maluku dari sang ibu.

2. Denny Landzaat

Lahir di Amsterdam pada 6 Mei 1976, Denny Landzaat merupakan putra dari pria asal Belanda dan wanita yang memiliki darah Maluku.

Landzaat mengawali karier bersama klub top Liga Belanda, Ajax Amsterdam. Ia juga pernah membela klub lain seperti MVV Maastricht, AZ Alkmaar, dan Feyenoord.

Pemilik nama lengkap Denny Domingues Landzaat itu juga pernah mencicipi kompetisi teratas Liga Inggris, Premier League, bersama Wigan Athletic dari 2006-2007 hingga 2007-2008.

Denny Landzaat tercatat pernah 38 kali tampil bagi skuad Oranje, julukan timnas Belanda, di pentas internasional dengan koleksi satu gol.

Baca juga: Profil Sebastien Haller, Pemain Kedua yang Cetak Quattrick di Laga Debut Liga Champions

3. Nigel de Jong

Gelandang timnas Belanda, Nigel de Jong (kanan), meninggalkan lapangan pertandingan akibat cedera paha dalam laga perdelapan final Piala Dunia 2014 melawan Meksiko di Castelao Stadium di Fortaleza, Minggu (29/6/2014).AFP/JAVIER SORIANO Gelandang timnas Belanda, Nigel de Jong (kanan), meninggalkan lapangan pertandingan akibat cedera paha dalam laga perdelapan final Piala Dunia 2014 melawan Meksiko di Castelao Stadium di Fortaleza, Minggu (29/6/2014).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com