Kompas.com - 18/08/2021, 22:00 WIB
Konferensi pers Ekshibisi Esports PON XX Papua 2021 pada Rabu (18/8/2021) sore WIB. Tangkapan Layar Konferensi Pers PBESIKonferensi pers Ekshibisi Esports PON XX Papua 2021 pada Rabu (18/8/2021) sore WIB.

KOMPAS.com - Rangkaian Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 akan berbeda dari edisi-edisi sebelumnya.

Sebab, pada PON Papua 2021 inilah Esports untuk kali pertama dipertandingkan sebagai salah satu cabang olahraga ekshibisi.

Berdasarkan rilis yang diterima KOMPAS.com pada Rabu (18/8/2021), ekshibisi Esports pada PON Papua 2021 bakal mempertandingkan tiga cabang gim, yaitu eFootball PES 2021, Mobile Legends, dan Free Fire.

“Ini adalah pertama kali dalam sejarah di mana Esports masuk dalam rangkaian PON,” kata Ketua Harian Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) Komisaris Jenderal Pol. Drs. Bambang Sunarwibowo, S.H., M.Hum dalam keterangan pers, Rabu (18/8/2021).

Baca juga: PON XX Papua 2021, Ini Target Vaksinasi bagi Warga di Sekitar Lokasi Pertandingan

Masuknya Esports pada rangkaian PON Papua 2021 diharapkan bisa membuka kesempatan para pencinta olahraga ini untuk bertanding dan membawa nama besar daerah masing-masing.

Selain itu, momen ini merupakan wadah bagi PBESI dalam memantau bibit-bibit atlet profesional yang tersebar di Indonesia.

Nantinya, atlet-atlet Esports terbaik pada PON XX Papua akan memperoleh kesempatan untuk menjalani pemusatan latihan di pelatnas dan dibina langsung oleh PBESI.

Hal ini merupakan salah satu langkah PBESI dalam menyiapkan para atlet Esports untuk tampil pada kejuaraan multiajang seperti SEA Games dan Asian Games.

Baca juga: PON XX Papua 2021 Ingin Sukses? Jalankan 2 Hal Ini

Pada kesempatan yang sama, PBESI juga akan merilis platform digital khusus yang dikelola untuk memajukan Esports Tanah Air yang diberi nama Garudaku.

Platform digital yang secara resmi berada di bawah naungan PBESI ini diperkenalkan untuk pertama kali dan akan digunakan dalam penyelenggaraan eksibisi Esports PON XX Papua.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.