Kompas.com - 10/08/2021, 09:20 WIB
Pebasket Indonesia Andakara Prastawa Dhyaksa beraksi saat melawan pebasket Filipina dalam pertandingan babak semifinal Bola Basket Putra SEA Games 2019 di SM Mall of Asia Arena, Manila, Filipina, Senin (9/12/2019). Timnas bola basket putra Indonesia gagal melaju ke babak final setelah kalah 70-97 dari tuan rumah Filipina. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPebasket Indonesia Andakara Prastawa Dhyaksa beraksi saat melawan pebasket Filipina dalam pertandingan babak semifinal Bola Basket Putra SEA Games 2019 di SM Mall of Asia Arena, Manila, Filipina, Senin (9/12/2019). Timnas bola basket putra Indonesia gagal melaju ke babak final setelah kalah 70-97 dari tuan rumah Filipina.

KOMPAS.com - Dribble atau gerakan menggiring bola merupakan salah satu teknik dasar dalam permainan bola basket. Dribble menjadi keterampilan yang harus dikuasai oleh seorang pemain basket.

Dikutip dari e-Modul Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (2019), pengertian dribble atau dribbling adalah cara membawa bola dengan memantul-mantulkannya ke lantai.

Gerakan dribble dapat dilakukan dengan satu tangan atau dua tangan secara bergantian, baik sambil berlari cepat maupun setengah berlari.

Adapun, tujuan melakukan dribble adalah untuk melewati penjagaan lawan dan melakukan serangan.

Menggiring bola dalam permainan bola basket tidak bisa dilakukan secara sembarangan karena membawa bola lebih dari tiga langkah tanpa memantulkannya ke lapangan bisa dinyatakan sebagai pelanggaran.

Baca juga: Mengenal Teknik Fade Away dalam Bola Basket

Jenis-jenis dribble

Terdapat tiga cara atau teknik dalam melakukan dribble yaitu dribble rendah, dribble tinggi, dan spin dribble.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Dribble rendah

Dikutip dari situs web Rookie Road, dribble rendah adalah gerakan menggiring di mana poisisi bola rendah ke lantai. Gerakan dribble ini bisa dilakukan dalam tempo yang cepat atau lambat dengan tujuan menerobos pertahanan lawan.

  • Dribble tinggi

Dribble ini dilakukan dengan posisi pantulan bola lebih tinggi, bisa mencapai sedikit di atas pinggang. Tujuan menggiring bola tinggi dalam permainan bola basket adalah mempercepat penyerangan.

  • Spin dribble

Gerakan spin dribble membutuhkan skill khusus karena teknik ini tidak mudah dilakukan.

Gerakan ini dilakukan dengan posisi yang rendah agar lebih kuat, Tujuan melakukan spin dribble adalah untuk melewati lawan yang bisa dikombinasikan dengan shooting (menembak) atau lay-up.

Pebasket Indonesia Andakara Prastawa Dhyaksa beraksi saat melawan pebasket Filipina dalam pertandingan babak semifinal Bola Basket Putra SEA Games 2019 di SM Mall of Asia Arena, Manila, Filipina, Senin (9/12/2019). Timnas bola basket putra Indonesia gagal melaju ke babak final setelah kalah 70-97 dari tuan rumah Filipina.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pebasket Indonesia Andakara Prastawa Dhyaksa beraksi saat melawan pebasket Filipina dalam pertandingan babak semifinal Bola Basket Putra SEA Games 2019 di SM Mall of Asia Arena, Manila, Filipina, Senin (9/12/2019). Timnas bola basket putra Indonesia gagal melaju ke babak final setelah kalah 70-97 dari tuan rumah Filipina.

Baca juga: Kelebihan Chest Pass dalam Bola Basket

Kesalahan-kesalahan dalam dribble

Dalam permainan bola basket, seorang pemain dinyatakan salah dalam melakukan dribble jika ia melakukan dribble menggunakan dua (2) tangan bersamaan atau disebut double.

Berikut adalah kesalahan-kesalahan yang umum terjadi saat melakukan dribble dalam permainan bola basket.

  1. Pantulan bola terlalu tinggi.
  2. Memantulkan bola terlalu jauh dari badan.
  3. Memantulkan bola dengan cara menepuk bola.
  4. Kurang kuat ketika memantulkan bola ke lantai.
  5. Melakukan dribble dengan kedua tangan secara bersamaan.
  6. Melebihi batas langkah ketika melakukan dribble.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.