Kontroversi Olimpiade Tokyo: Rekor Pecah, Sepatu Super Jadi Masalah

Kompas.com - 05/08/2021, 19:00 WIB
Emilia Nova, Atlet Lari Gawang 100 meter putri saat berlatih di pelatnas atletik Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (18/10/2019). Medali Emas menjadi target utama salah satu atlet yang menjadi andalan Indonesia pada nomor ini. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGEmilia Nova, Atlet Lari Gawang 100 meter putri saat berlatih di pelatnas atletik Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (18/10/2019). Medali Emas menjadi target utama salah satu atlet yang menjadi andalan Indonesia pada nomor ini.

KOMPAS.com - Rekor demi rekor mampu terpecahkan pada cabang olahraga (cabor) atletik Olimpiade Tokyo 2020. Salah satunya catatan tercepat di cabor atletik nomor lari gawang 400 meter putra.

Karsten Warholm (Norwegia) keluar sebagai pelari tercepat dengan catatan waktu 45,94 detik yang juga menjadi rekor dunia terbaru.

Sementara posisi kedua ditempati oleh atlet asal Amerika Serikat, Rai Benjamin, dengan catatan waktu 46,17 detik.

Catatan waktu Rai Benjamin sejatinya memecahkan rekor miliknya sendiri. Akan tetapi, torehan waktu itu masih kalah 0,23 detik dari Warholm.

Baca juga: Daftar Atlet Indonesia Peraih Medali Olimpiade

Meski Warholm mencetak rekor, tetapi dia melontarkan kritik kepada rivalnya, Rai Benjamin, terkait "sepatu super" yang dikenakan.

Seperti diketahui, Rai Benjamin menggunakan sepatu Nike Air Zoom Maxfly yang disebut mendatangkan empat keuntungan dibanding sepatu lainnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Melansir The Sun, empat keuntungan tersebut berasal dari bahan maupun teknologi sepatu itu.

Sepatu milik Benjamin terbuat dari "pelat serat-karbon" yang berfungsi untuk meringankan kerja pergelangan kaki.

Kemudian teknologi "atomknit" bisa mengurangi berat sepatu. Ada lagi teknologi "air pod", yakni kantong di dalam sol untuk menciptakan gaya pegas yang lebih maksimal.

Baca juga: Daftar 5 Atlet Indonesia Peraih Medali Olimpiade Tokyo 2020

Teknologi air pod tersebut yang menjadi dasar Karsten Warholm menyebut sepatu Benjamin seperti trampolin.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.