Keistimewaan Small Forward Dibanding Pemain Lain dalam Bola Basket

Kompas.com - 05/08/2021, 13:00 WIB
LeBron James dari Los Angeles Lakers mencoba melakukan fade away jumper di depan Derrick Jones Jr. dan Kelly Olynyk dari Miami Heat saat Lakesr menang 108-105 di Staples Center pada 10 Desember 2018 di Los Angeles, California. HARRY HOWLeBron James dari Los Angeles Lakers mencoba melakukan fade away jumper di depan Derrick Jones Jr. dan Kelly Olynyk dari Miami Heat saat Lakesr menang 108-105 di Staples Center pada 10 Desember 2018 di Los Angeles, California.

KOMPAS.com - Small forward adalah salah satu posisi pemain dalam permainan bola basket. Small forward dianggap sebagai pemain serbaguna dan ia harus memiliki kemampuan istimewa dalam bertahan dan menyerang.

Beberapa contoh bintang basket dunia yang berposisi small forward adalah LeBron James, Kevin Durant, dan legenda NBA, Larry Bird.

Dikutip dari situs web Jr NBA, small forward juga disebut dengan pemain Posisi 3 dalam permainan bola basket.

Tugas utama seorang small forward adalah mencetak poin. Oleh karenanya, small forward biasanya diisi oleh pemain yang memiliki kemampuan satu lawan satu (one-on-one) dengan pemain lawan.

Dengan kata lain, pemain yang bertugas melakukan penetrasi ke pertahanan lawan dan harus memiliki kemampuan di atas rata-rata disebut small forward.

Baca juga: 5 Posisi Pemain Bola Basket dan Tugasnya

Akan tetapi, tugas small forward tidak hanya melakukan penetrasi ke pertahanan lawan dan mencetak poin.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam situasi tertentu, seorang small forward juga bisa berperan seperti power forward yaitu melakukan rebound baik dalam keadaan bertahan maupun menyerang.

Oleh karena itu, pemain yang menempati posisi small forward harus memiliki kemampuan istimewa dalam melakukan umpan, dribble, rebound, defense, dan juga menembak atau shooting.

Pebasket Amerika Serikat Kevin Durant tampil ketika timnya takluk dari Perancis pada laga pertama Grup A bola basket putra Olimpiade Tokyo 2020 di Saitama Super Arena, Jepang, Minggu (25/7/2021) malam WIB.AFP/ARIS MESSINIS Pebasket Amerika Serikat Kevin Durant tampil ketika timnya takluk dari Perancis pada laga pertama Grup A bola basket putra Olimpiade Tokyo 2020 di Saitama Super Arena, Jepang, Minggu (25/7/2021) malam WIB.

Baca juga: Tugas Pokok Pemain Center dalam Bola Basket

Keistimewaan small forward

Secara fisik, postur seorang small forward umumnya lebih pendek dari power forward atau center. Selain itu, ia juga wajib memiliki kemampuan penetrasi yang cepat.

Berikut adalah beberapa keistimewaan yang dimiliki oleh small forward.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.