Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Berenang di Kolam Renang Umum Bisa Tertular Virus Corona?

Kompas.com - 02/08/2021, 23:20 WIB
Kevin Topan Kristianto

Penulis


KOMPAS.com - Renang adalah kegiatan yang banyak diminati oleh berbagai kalangan.

Oleh karena itu, renang sering dijadikan sebagai pelengkap diwaktu senggang atau sekedar rekreasi untuk melepas penat.

Renang juga merupakan jenis olahraga yang dipertandingkan di berbagai ajang nasional hingga internasional, salah satunya adalah Olimpiade.

Di tengah pandemi virus corona ini, bisakah Covid-19 menular lewat air di kolam renang?

Melansir dari Kompas Sains, sejauh ini yang sudah pasti diketahui, Covid-19 bisa menular lewat droplet yang keluar saat kita sedang batuk dan bersin, tetapi belum ada bukti bahwa virus bisa bertahan hidup di air.

Baca juga: Fungsi Topi Renang yang Biasa Digunakan Atlet

Akan tetapi, jika Anda masih merasa khawatir, Roberta Lavin selaku profesor kedokteran di College of Nursing, University of Tennessee, berkata bahwa zat disinfektan pada air kolam renang seperti klorin pada umumnya cukup kuat untuk membunuh bakteri dan virus.

Selain itu, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) juga sependapat. Dalam situs resminya, CDC mengatakan bahwa hingga saat ini, belum ada bukti bahwa virus corona bisa menular antar manusia lewat penggunaan kolam renang dan kolam air panas.

"Pengoperasian, perawatan dan disinfeksi kolam renang yang sesuai standar akan mematikan virus yang menyebabkan Covid-19," imbuh CDC.

Berenang saat pandemi Covid-19 memang tidak ada larangan. Namun, risiko penularan virus corona tetap ada, terutama jika kamu berenang di kolam renang umum.

Baca juga: 3 Perlengkapan Atlet Renang

Saat berada di kerumunan, tentu kamu akan lebih sulit untuk menjaga jarak dengan orang lain.

Oleh karena itu, Lavin pun menyarankan untuk tidak pergi ke kolam renang umum. Jika memang terpaksa, Anda disarankan untuk mencari kolam renang yang tidak terlalu ramai agar bisa menjaga jarak setidaknya dua meter.

Selain itu, Anda juga perlu menjaga kebersihan, seperti tidak berbagai handuk dan mandi terlebih dahulu sebelum masuk kolam renang, seperti disarankan oleh Professor Paul Tambyah dari departemen kedokteran di NUS Yong Loo Lin School of Medicine dalam artikel The Strait Times.

Prof Tambyah juga memperingatkan untuk tidak pergi ke kolam renang jika merasa tidak enak badan atau bahkan sakit.

Baca juga: Manfaat Renang untuk Pertumbuhan Tubuh

Adapun, agar lebih aman, hindari fasilitas umum di area kolam renang seperti ruang loker dan kamar mandi. Lebih baik Anda segera pulang setelah berenang dan mandi di rumah.

(Sumber: Kompas.com/Shierine Wangsa Wibawa | Editor Shierine Wangsa Wibawa)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com