Kompas.com - 26/07/2021, 21:45 WIB
Ganda campuran Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying, ketika menghadapi Marks Lamsfuss/Isabel Herttrich (Jerman) pada laga kedua Grup D bulu tangkis ganda campuran Olimpiade Tokyo 2020, Minggu (25/7/2021). AFP/ PEDRO PARDOGanda campuran Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying, ketika menghadapi Marks Lamsfuss/Isabel Herttrich (Jerman) pada laga kedua Grup D bulu tangkis ganda campuran Olimpiade Tokyo 2020, Minggu (25/7/2021).

KOMPAS.com - Bulu tangkis mempunyai aturan bagi setiap pemain untuk memulai permainan dengan pukulan awal ke arah lawan.

Pukulan permulaan diarahkan secara diagonal melintasi net ke arah lawan atau pukulan silang, sehingga permainan dapat berjalan.

Upaya pukulan permulaan yang dilakukan dari arah diagonal oleh pemain bulu tangkis disebut sebagai service (servis).

Servis menjadi kewajiban bagi setiap pemain untuk mengawali permainan, baik dalam kategori tunggal maupun ganda dalam cabang olahraga bulu tangkis.

Sehingga, tak heran jika latihan yang pertama-tama dilakukan dalam menerapkan pola pukulan adalah silang dan lob.

Sementara pukulan lob berguna untuk mengulur waktu ketika dalam posisi terhimpit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun pukulan servis dalam bulu tangkis dikatakan baik, jika dilakukan sesuai peraturan permainan dari Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF).

Baca juga: Jenis Teknik Servis Bulu Tangkis, Backhand hingga Flick

Berikut adalah sejumlah ketentuan bagaimana pukulan servis dalam bulu tangkis dikatakan baik, sebelum permainan bergulir:

Sesuai area servis

Pada area permainan atau lapangan bulu tangkis, terdapat garis batas di depan net yang menjadi tempat para pemain melakukan servis.

Ketika melakukan servis, seorang pemain tidak boleh melampaui garis batas servis berjarak 1,98 meter dari bibir net.

Halaman:


Sumber BWF
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.