Marcus Fernaldi Gideon, Sempat Keluar dari Cipayung Kini Diandalkan Rebut Emas Olimpiade 2020

Kompas.com - 26/07/2021, 08:40 WIB
Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo saat menghadapi Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe pada partai final All England 2020 yang digelar di Arena Birmingham, Inggris, Minggu (15/3/2020). AFP/OLI SCARFFMarcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo saat menghadapi Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe pada partai final All England 2020 yang digelar di Arena Birmingham, Inggris, Minggu (15/3/2020).

KOMPAS.com - Cabang bulu tangkis menjadi sumber medali bagi kontingen Indonesia sepanjang tampil dalam ajang Olimpiade.

Target medali emas Indonesia pada Olimpiade Tokyo 2020 di cabang bulu tangkis, salah satunya dibebankan kepada pasangan ganda putra, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo.

Pasalnya, di kategori ganda putra bulu tangkis Olimpiade Tokyo 2020 pasangan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo mendapat status sebagai unggulan pertama.

Olimpiade Tokyo 2020 sendiri merupakan kali pertama bagi pasangan tersebut turun di ajang pesta olahraga terbesar dunia itu.

Bagi sosok Marcus Fernaldi Gideon, turun dalam gelaran Olimpiade Tokyo 2020 adalah fase berikut dalam perjalanan karier sebagai pebulu tangkis.

Mengawali karier sebagai pemain di nomor tunggal putra, Marcus Fernaldi Gideon menapaki jalan berliku hingga akhirnya meroket di kategori ganda putra.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Profil 3 Lawan Marcus/Kevin di Olimpiade Tokyo 2020

Kesempatan bergabung dengan pusat pelatihan nasional Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) di Cipayung, Jakarta diperoleh Marcus pada 2010.

Saat itu, Marcus diplot sebagai anggota tim ganda putra serta dipasangkan dengan Agripina Prima Rahmanto.

Raihan prestasi tertinggi Marcus dan Agripina adalah merengkuh gelar juara turnamen kelas Challenge di Singapura (2011) dan Iran (2012).

Hanya saja, keputusan untuk keluar dari pelatnas diambil Marcus Fernaldi Gideon pada 2013 usai tidak memperoleh kesempatan tampil di ajang All England.

Halaman:
Baca tentang


Sumber BWF
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.