Kisah Thet Htar Thuzar di Olimpiade Tokyo, Wujudkan Mimpi di Tengah Hujatan Rakyat Sendiri

Kompas.com - 25/07/2021, 14:00 WIB
Pebulu tangkis asal Myanmar Thet Htar Thuzar berpose di arena bulu tangkis Olimpiade Tokyo 2020 di Musashino Forest Sports Plaza, Tokyo. INSTAGRAMPebulu tangkis asal Myanmar Thet Htar Thuzar berpose di arena bulu tangkis Olimpiade Tokyo 2020 di Musashino Forest Sports Plaza, Tokyo.

KOMPAS.com - Pebulu tangkis Myanmar, Thet Htar Thuzar, harus melewati jalan terjal menuju Olimpiade Tokyo 2020. Meski mendapatkan hujatan dari rakyatnya sendiri, Thet Htar bertekad memberikan yang terbaik bagi negaranya.

Thet Htar Thuzar menjadi salah satu dari dua atlet Myanmar yang berlaga pada Olimpiade Tokyo 2020.

Selain Thet Htar, delegasi Myanmar lainnya yang tampil pada Olimpiade Musim Panas edisi ke-32 ini adalah atlet menembak putra, Ye Tun Naung.

Bagi Thet Htar Thuzar yang saat ini menempati ranking ke-65 dunia BWF, jalan menuju Olimpiade Tokyo 2020 bukanlah sesuatu yang mudah.

Sebab, pebulu tangkis berusia 22 tahun itu harus menghadapi hujatan dari rakyat Myanmar.

Baca juga: Hasil Badminton Olimpiade Tokyo - Impresif, Gregoria Kalahkan Wakil Myanmar

Melansir The Asahi Shimbun, Thet Htar menghadapi reaksi keras dari rakyat Myanmar setelah ia mengumumkan bakal menjadi bagian dari tim Myanmar pada Olimpiade Tokyo 2020.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Banyak warga Myanmar memandang partisipasi atlet lokal pada Olimpiade sebagai tanda tunduk kepada junta militer yang merebut kekuasaan dalam kudeta pada Februari lalu.

Melalui pesan di media sosialnya, Thet Htar mengungkapkan bahwa bermain di Olimpiade adalah salah satu mimpinya dan ia berharap bisa membuat teman-temannya tersenyum untuk sesaat di tengah kesulitan yang mereka hadapi.

"Saya akan berusaha menjadi perwakilan terbaik untuk semua rakyat Myanmar," kata Thet Htar Thuzar, seperti dimuat oleh surat kabar pemerintah Myanmar pada 7 Juli lalu.

Sayangnya, tekad Thet Htar untuk mengharumkan negara pada ajang Olimpiade Tokyo 2020 tak mendapatkan sambutan baik dari rakyat Myanmar.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.