Kompas.com - 24/07/2021, 21:40 WIB
Pelari putri India Chitra Palakeezh Unnikrishnan ( kedua dari kanan) berpacu pada lari 1500 meter putri 18th Asian Games Invitation Tournament di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Senin (12/2/2018). Chitra menyabet medali emas dengan catatan waktu empat menit 18,74 detik. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGPelari putri India Chitra Palakeezh Unnikrishnan ( kedua dari kanan) berpacu pada lari 1500 meter putri 18th Asian Games Invitation Tournament di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Senin (12/2/2018). Chitra menyabet medali emas dengan catatan waktu empat menit 18,74 detik.

KOMPAS.com - Gerak awalan dalam perlombaan mempunyai pengaruh pada laju seorang pelari dalam berlomba di lintasan.

Bentuk teknik mengawali perlombaan lari jarak tertentu dalam cabang olahraga atletik disebut sebagai gerakan start.

Mengutip dari laman Kamus Besar Bahasa Indonesia, start diartikan sebagai sikap permulaaan ketikka hendak melakukan jalan atau lari dalam perlombaan.

Pada umumnya start terbagi atas tiga macam, yakni start jongkok, berdiri, dan start melayang. Namun, pada artikel ini akan dijelaskan start berdiri atau standing start.

Contoh dari teknik gerakan awalan dalam perlombaan lari cabang olahraga atletik antara lain start berdiri atau disebut juga sebagai standing start.

Jenis start yang digunakan untuk lari jarak menengah seperti 800 meter atau 1.500 meter. yaitu standing start.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lebih jauh, rangkaian sikap permulaan berikut yang dimaksud dengan standing start adalah menempatkan kaki terkuat berada di belakang yang lain dengan jarak sebahu di garis belakang lomba.

Baca juga: Rangkaian Start Lari Jarak Pendek

Dilansir dari laman Live Strong, sikap awalan tersebut digunakan pada lomba lari jarak menengah karena faktor kebutuhan keluaran tenaga yang berbeda dibandingkan nomor lari jarak pendek (sprint).

Pelari yang tampil di nomor lomba jarak menengah tidak membutuhkan ledakan energi maksimal, sejak melaju dari garis awal seperti peserta lomba lari jarak pendek di lintasan.

Ketika melakukan teknik standing start, tumpuan beban tubuh diletakkan condong pada kaki yang berada di depan garis awal lomba.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.