Riau Ega Agatha, Tak Suka Panahan, Dicoret Pelatnas, hingga Tembus Olimpiade

Kompas.com - 24/07/2021, 10:00 WIB
Atlet panahan asal Indonesia Riau Ega Agatha saat beraksi di Olimpiade Tokyo 2020. NOC IndonesiaAtlet panahan asal Indonesia Riau Ega Agatha saat beraksi di Olimpiade Tokyo 2020.

KOMPAS.com - Riau Ega Agatha Salsabila memiliki cerita di dunia olahraga panahan. Ia sempat tak menyukai panahan, dicoret pelatnas, hingga akhirnya berhasil lolos ke Olimpiade Tokyo 2020.

Sebelum menjadi atlet panahan, pria kelahiran Blitar, 25 Oktober 1991, itu pernah tak menyukai olahraga panahan.

Dikutip dari situs resmi Olympic, Riau Ega awalnya tidak terlalu suka olahraga panahan. Ia bahkan menuliskan sepak bola, membaca, dan menonton film dalam hobinya.

Namun, setelah berlatih beberapa lama ia mengakui bahwa olahraga panahan sangat menyenangkan.

Baca juga: Profil Rio Waida, Peselancar Blasteran Indo-Jepang Wakili Merah Putih di Olimpiade

Adapun dalam perjalanan kariernya sebagai atlet panahan, ia sempat mengalami kendala untuk tampil di Olimpiade Tokyo 2020.

Dilansir dari Antara, perjalanan Riau Ega untuk mewakili Indonesia di Olimpiade 2020 terbilang tak mulus.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pasalnya, Riau Ega sempat dicoret dari pelatnas. Riau Ega sempat dicoret dari pelatnas karena masalah administrasi meski ia sudah mengantongi tiket ke Olimpiade nomor perorangan sejak tampil pada Asian Games 2018.

Namun, pada akhirnya Pengurus Pusat Persatuan Panahan Indonesia (PP Perpani) memanggil kembali Riau Ega untuk berlatih berdasarkan surat keputusan yang dikeluarkan pada Maret lalu.

Baca juga: Olimpiade dan Tradisi Bagi Kondom

Atlet panahan berusia 29 tahun itu pun akhirya bisa turun membela Indonesia pada Olimpiade Tokyo 2020.

Riau Ega merupakan satu dari empat wakil Indonesia di cabor panahan Olimpiade Tokyo 2020.

Olimpiade Tokyo 2020 menjadi Olimpiade kedua bagi Riau Ega. Sebelumnya, ia pernah membela Merah Putih pada Olimpiade Rio de Janeira 2016.

Saat berlaga di Olimpiade Rio, Riau Ega tampil mengejutkan dengan mengalahkan juara dunia sekaligus pepanah nomor satu dunia Kim Woo-jin (Korea Selatan).

Baca juga: Serba Pertama Kontingen Indonesia di Olimpiade

Namun sayang, Riau masih belum bisa menyumbang medali untuk Merah Putih karena langkahnya terhenti setelah dikalahkan pepanah Mauoro Nespoli (Italia) saat masuk babak 16 besar.

Adapun, di Olimpiade Tokyo 2020, Riau Ega turun pada tiga nomor, yakni beregu putra, beregu campuran, dan individual putra.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.