Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kevin Sanjaya dan Minions Disebut di Daftar Atlet yang Perlu Diwaspadai di Tokyo 2020

Kompas.com - 22/07/2021, 12:33 WIB
Firzie A. Idris

Penulis

KOMPAS.com - Duet Minions, Kevin Sanjaya Sukomulyo dan Marcus Fernaldi Gideon, masuk dalam daftar 48 atlet yang perlu diwaspadai di Olimpiade Tokyo 2020 versi majalah terkemuka TIME.

Kevin Sanjaya Sukomulyo dan Marcus Fernaldi Gideon menjadi satu-satunya perwakilan Indonesia dalam daftar yang didominasi oleh para atlet Amerika Serikat tersebut.

"Badminton adalah satu-satunya olahraga di mana Indonesia telah memenangi medali emas Olimpiade," tulis Madeleine Roach di artikel tersebut.

"Di Indonesia, badminton sepopuler sepak bola atau basket di belahan dunia lain."

"Kevin Sanjaya Sukamuljo, pemain dobel nomor satu Indonesia dengan pasangannya, Marcus Fernaldi Gideon, adalah bintang-bintang terakhir yang membawa harapan negara gila badminton ini."

Baca juga: Julukan Para Pebulu Tangkis Indonesia, Termasuk Minions bagi Marcus/Kevin

Roach juga menyinggung keberhasilan Minions mempertahankan peringkat satu dunia walau ada beberapa kemunduran tahun ini seperti kala mereka harus mundur dari tiga turnamen internasional setelah Kevin terpapar Covid-19.

Dia pun menulis perihal kisruh All England 2020 di mana seluruh tim Indonesia harus mundur setelah seorang penumpang di pesawat yang mereka naiki positif corona.

"Itu seharusnya menjadi memori yang jauh di Tokyo di mana Minions akan berambisi untuk menambah kejayaan badminton Indonesia," tulisnya lagi.

Marcus/Kevin datang dengan status unggulan teratas pada Olimpiade Tokyo 2020, sedangkan Ahsan/Hendra menyusul sebagai unggulan kedua.Perjalanan Marcus/Kevin dan Ahsan/Hendra bakal dimulai dari fase Grup A.

Mereka akan bersaing bersama Lee Yang/Wang Chi-lin (Taiwan), Ben Lane/Sean Vendy (Britania Raya), dan Chirag Shetty/Satwiksairaj Rankireddy (India).

Baca juga: Kisah Awal Kevin Sanjaya dan Marcus Gideon Dipasangkan

Sementara itu, Ahsan/Hendra sebagai unggalan kedua tergabung di Grup D bersama Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia), Choi Sol-gyu/Seo Seung-jae(Korea Selatan), dan Jason Anthony Ho-Shue/Nyl Yakura (Kanada)

Marcus/Kevin akan memulai perjuangandengan bersua Ben Lane/Sean Vendy pada Sabtu (24/7/2021) pagi WIB.

Sekitar 11.000 partisipan akan datang ke Tokyo untuk berpartisipasi di Olimpiade Tokyo ini.

Beberapa atlet lain yang masuk daftar TIME tersebut adalah Alex Morgan (sepak bola/AS), Gabriel Medina (selancar/Brasil), Kevin Durant (basket/AS), Hend Zaza (tenis meja/Suriah), Masahiro Tanaka (bisbol/Jepang), dan Eliud Kipchoge (maraton/Kenya).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com