Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Melakukan Teknik Smash dalam Bulu Tangkis

Kompas.com - 22/07/2021, 09:00 WIB
Kevin Topan Kristianto

Penulis

Sumber Skola


KOMPAS.com - Teknik smash merupakan salah satu jenis pukulan dalam permainan bulu tangkis.

Smash adalah pukulan yang dilakukan dengan tenaga penuh sehingga shuttlecock meluncur tajam ke area lawan.

Jenis pukulan ini menjadi salah satu teknik yang paling dikenal dalam bulu tangkis, karena memiliki tujuan utama untuk mengarahkan bola ke arah area permainan lawan guna menceta angka.

Untuk menggunakan jenis pukulan ini dibutuhkan kekuatan otot bahu dan lengan sebagai modal utama mendapatkan karakter cepat dari kok saat melaju ke arah lawan.

Baca juga: 7 Medali Emas Olimpiade Milik Indonesia dari Cabang Bulu Tangkis

Lalu, bagaimana cara melakukan teknik smash pada permainan bulu tangkis?

Dalam permainan bulu tangkis terdapat dua jenis pukulan smash berdasarkan cara menggenggam raket, yakni forehand smash dan backhand smash.

Berikut adalah cara melakukan teknik smash berdasarkan pegangan raket:

Forehand smash

Baca juga: Apa Itu Challenge pada Pertandingan Bulu Tangkis?

Berikut adalah cara melakukan forehand smash:

  1. Fokus pandangan mengarah ke wilayah permainan lawan.
  2. Saat menerapkan teknik forehand, posisi tubuh harus berdiri menyamping, dengan sisi yang tidak membawa raket harus menghadap ke net atau jaring.
  3. Berat badan dipindahkan ke kaki yang berada di belakang. Siku tangan dikekuk dan bersiaplah untuk melakukan teknik forehand smash.
  4. Kok atau shuttlecock harus dipukul pada posisi setinggi mungkin sambil mengayunkan tangan ke depan dengan penuh tenaga.
  5. Guna memberikan tenaga, luruskan siku tangan saat memukul kok. Lalu arahkan pergelangan tangan ke arah bawah untuk memberi tenaga lebih saat memukul shuttlecock.

Backhand smash

Baca juga: 5 Jenis Peringkat dalam Dunia Bulu Tangkis

Berikut adalah cara melakukan teknik backhand smash:

  1. Saat menerapkan teknik ini gunakan jenis pegangan backhand. Teknik pukulan ini tergolong lebih sulit karena dilakukan dengan sedikit membelakangi net atau permainan lawan.
  2. Pindahkan berat badan ke kaki yang sama dengan posisi tangan sewaktu memegang raket. Misalnya jika memegang raket dengan tangan kanan maka pindahkah berat badan ke kaki kanan dan begitu pula sebaliknya.
  3. Sama seperti teknik forehand smash, kok harus dipukul saat dalam posisi setinggi mungkin dengan mengandalkan kekuatan pergelangan tangan guna memberi tenaga lebih saat memukul.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com