Kompas.com - 21/07/2021, 13:30 WIB
Derrick Michael Xzavierro (kiri) berduel dengan pemain naturalisasi Lester Prosper pada Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) timnas bola basket senior, 2020. Dok. NBA AcademyDerrick Michael Xzavierro (kiri) berduel dengan pemain naturalisasi Lester Prosper pada Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) timnas bola basket senior, 2020.

KOMPAS.com - Kekuatan timnas basket putra Indonesia kembali bertambah dengan kehadiran tiga pemain naturalisasi. Ketiga pemain tersebut diproyeksikan untuk memperkuat skuad Merah Putih pada FIBA Asia Cup 2021.

Melansir laman resmi Perbasi, tiga pemain naturalisasi baru untuk timnas basket Indonesia adalah Dame Diagne, Serigne Modou Kane, dan Marques Bolden.

Ketiga pebasket tersebut melaksanakan Pengambilan Sumpah Janji Setia Pewarganegaraan di Aula Lantai 4 Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta, Senin (19/7/2021).

Sebelumnya, Sekjend PP Perbasi Nirmala Dewi menyampaikan bahwa proses naturalisasi hanya demi kepentingan timnas.

"Jadi, proses naturalisasi ini hanya demi kepentingan timnas. Demi membanggakan masyarakat Indonesia. Mereka dinaturalisasi untuk bermain di FIBA Asia Cup 2021 dan FIBA World Cup 2023," ucap Nirmala, Rabu (7/7/2021).

Baca juga: Batal Ikut Playoff, Timnas Basket Indonesia Siapkan Uji Coba Jelang FIBA Asia Cup 2021

Sementara itu, Manajer Timnas Bola Basket Indonesia Maulana Fareza Tamrella menjelaskan bahwa Dame Diagne dan Serigne Modou Kane yang berasal dari Senegal dibidik untuk menjadi bagian dari skuad timnas karena memiliki banyak kelebihan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dari sisi usia, mereka berdua masih muda yakni di bawah 16 tahun. Selain itu, keduanya juga memiliki postur tinggi yaitu 198 cm dan 196 cm.

"Keberadaan mereka bisa menutup kekurangan yang ada di timnas. Secara skil dan mental bertanding juga lebih matang. Dengan usia mereka saat ini, bisa main di level junior dan senior," kata Maulana.

"Kita juga berharap bisa menaturalisasi Marques Bolden. Dia berpeluang main di NBA. Tentu akan menjadi kebanggaan bagi kita jika ada orang berpaspor WNI main di NBA," imbuh Maulana.

"Bolden hanya kita panggil untuk perkuat timnas pada saat event FIBA. Selebihnya dia berkompetisi di NBA. Dengan masuknya mereka diharapkan bisa membantu timnas menembus peringkat delapan besar Asia agar bisa bermain di FIBA World Cup 2023," tutur Maulana.

Baca juga: Perbasi Tegaskan Pemain Naturalisasi Hanya untuk Timnas Bola Basket Indonesia

Halaman:


Sumber Perbasi
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X