Kompas.com - 17/07/2021, 23:00 WIB
Pebasket putra Indonesia Xaverius Prawiro saat bertanding melawan pebasket India saat laga final bola basket 18th Asian Games Invitation Tournament di Hall Basket Senayan, Jakarta, Senin (12/2/2018). Timnas basket Indonesia mengalahkan Timnas basket India dengan skor akhir 78-68 (21-20, 18-10, 19-15, 20-23). KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGPebasket putra Indonesia Xaverius Prawiro saat bertanding melawan pebasket India saat laga final bola basket 18th Asian Games Invitation Tournament di Hall Basket Senayan, Jakarta, Senin (12/2/2018). Timnas basket Indonesia mengalahkan Timnas basket India dengan skor akhir 78-68 (21-20, 18-10, 19-15, 20-23).

KOMPAS.com - Cabang olahraga bola basket membutuhkan kerja sama antar pemain ketika berupaya mencetak angka menuju keranjang di wilayah lawan.

Salah satu bentuk kerja sama tersebut dilakukan dengan memindahkan bola antar pemain, hingga salah satu di antara pemain menemukan kesempatan untuk menembak.

Gerak memindahkan bola dari satu pemain menuju ke yang lain dalam satu tim disebut sebagai teknik mengumpan atau passing pada permainan bola basket.

Teknik mengumpan atau passing bisa dilakukan dengan cara melempar bola baik dalam jangkauan jarak dekat maupun jauh di lapangan.

Untuk melakukan operan, para pemain bola basket mempunyai ragam teknik dasar yakni chest pass, bounce pass, dan overhead pass.

Dalam permainan bola basket, ketiga teknik operan tersebut dilakukan para pemain sesuai dengan jarak rekan setim sebagai tujuan mengarahkan bola.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Ukuran Bola Basket Berdasarkan Kelompok Umur

Umpan jarak dekat dalam bola basket

Teknik yang digunakan mengoper bola jarak dekat yaitu variasi operan dasar chest pass atau umpan setinggi dada pemain.

Pilihan operan dengan teknik dasar chest pass, dipakai untuk mengarahkan bola kepada rekan seetim yang berada dalam jarak dekat.

Cara mengoper bola dengan dua tangan dari depan dada dengan arah bola lurus ke depan dalam bola basket disebut sebagai chest pass.

Operan dilakukan menggunakan dorongan jari-jari bukan telapak tangan, sehingga lajunya memutar agar sulit direbut oleh pemain lawan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.