Kompas.com - 15/07/2021, 11:30 WIB
Dua pelari Elite Race Borobudur Marathon 2020, Pretty Sihite (kiri) dan Irma Handayani (kanan), beradu kecepatan pada lap terakhir. KOMPAS.com/MOCHAMAD SADHELIDua pelari Elite Race Borobudur Marathon 2020, Pretty Sihite (kiri) dan Irma Handayani (kanan), beradu kecepatan pada lap terakhir.

KOMPAS.com - Hasil lari yang baik bukan hanya dari cara seorang pelari berlatih, tetapi juga soal gizi sehat yang mereka konsumsi.

Gizi yang sehat dan baik serta waktu makan yang tepat tentu bisa meningkatkan performa seorang atlet maupun pegiat lari pada umumnya.

Selain itu, gizi tersebut bisa membantu menekan risiko dari cedera maupun menjaga kesehatan tubuh dari berbagai penyakit.

Sebaliknya, nutrisi yang kurang tepat bisa berdampak buruk bagi seorang pelari.

Namun perlu diperhatikan pula jarak tempuh seorang pelari. Semakin jauh jaraknya, kian berbeda nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

Baca juga: Tips Lari 12 Menit Tembus 3200 Meter

Lalu, makanan apa saja yang perlu dikonsumsi? Berikut lima makanan sehat agar lari kuat:

1. Pisang

Buah ini sangat baik untuk dikonsumsi sebelum lari maupun sedang berlari karena mengandung karbohidrat tinggi.

Konsumsi pisang bisa memberikan beragam nutrisi seperti kalium, vitamin C, vitamin B6, dan karbohidrat.

Selain itu, kandungan potassium dalam pisang sangat baik untuk meningkatkan energi ketika anda melakukan lari jarak jauh.

Para pelari half atau full marathon menghabiskan beberapa jam untuk menelan energi gel dan minuman olahraga. Tetapi, makanan utuh seperti buah memberi sedikit rasa kenyang ke perut hingga menginjak garis finis.

Baca juga: 5 Tips Meningkatkan Waktu Lari 5K

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.