Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Olimpiade Tokyo 2020, Beda Presiden IOC dan Presiden UEFA

Kompas.com - 14/07/2021, 23:35 WIB
Josephus Primus

Penulis

Sumber FirstPost

TOKYO, KOMPAS.com - Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach menegaskan peraturan seremoni penyerahan medali untuk Olimpiade Tokyo.

Protokol kesehatan yang ketat selama pandemi Covid-19 di Jepang berimbas ke seremoni penganugerahan medali kepada atlet pemenang cabang olahraga Olimpiade Tokyo 2020.

"Pemenang mengalungkan sendiri medali kemenangannya," kata Thomas Bach pada Rabu (14/7/2021) di Tokyo.

Baca juga: Wahai Pemenang Olimpiade Tokyo, Kalungkan Sendiri Medalimu!

Bach mengatakan, kebijakan pada seremoni itu merupakan bagian dari pengurangan penyebaran virus Covid-19.

Medali Olimpiade Tokyo 2020 resmi diperkenalkan kepada publik.DOK. Reuters Medali Olimpiade Tokyo 2020 resmi diperkenalkan kepada publik.

Pada praktiknya, tidak ada tokoh yang mendatangani para atlet pemenang untuk mengalungkan medali sebagaimana kelaziman sebelumnya.

"Medali akan disajikan di atas baki khusus," kata Bach.

Kemudian, kata Thomas Bach lagi, para atlet memgambil sendiri medali sesuai kemenangan yang mereka raih pada cabang olahraga.

Thomas Bach Thomas Bach

Saat mengambil medali dari baki, para atlet mengenakan sarung tangan yang sudah disterilkan.

Thomas Bach mengatakan bahwa kebijakan tentang seremoni itu merupakan bentuk yang akan diterapkan pada 339 seremoni selama Olimpiade Tokyo 2020.

Ia juga berpesan bahwa dua hal lazim juga akan ditiadakan selama seremoni pemberian medali.

Jadon Sancho gagal mengeksekusi penalti pada laga final Euro 2020 Italia vs Inggris di Stadion Wembley, London, Inggris, 11 Juli 2021. Sepakannya ditepis Gianluigi Donnarumma. AFP/FACUNDO ARRIZABALAGA Jadon Sancho gagal mengeksekusi penalti pada laga final Euro 2020 Italia vs Inggris di Stadion Wembley, London, Inggris, 11 Juli 2021. Sepakannya ditepis Gianluigi Donnarumma.

"Tidak ada acara bersalaman dan saling berpelukan pada seremoni pemberian medali," ujar Thomas Bach menekankan.

Sementara itu, perbandingan seremoni penyerahan medali di Olimpiade Tokyo 2020 berbeda dengan saat kemenangan final Piala Eropa 2020 di Wembley, Inggris pada Minggu (11/7/2021).

Kala itu, Presiden UEFA Aleksander Ceferin mendatangi para pemain dan mengalungkan satu per satu medali emas kepada penggawa Italia, juara Piala Eropa 2020.

Ceferin bahkan menjabat tangan kiper Italia Gianluigi Donnaruma.

LONDON, INGGRIS -11 JULI: Kiper Italia, Gianluigi Donnarumma, beraksi menepis tembakan Jadon Sancho dalam babak adu penalti laga final Euro 2020 melawan Inggris di Stadion Wembley, 11 Juli 2021. Michael Regan - ©UEFA LONDON, INGGRIS -11 JULI: Kiper Italia, Gianluigi Donnarumma, beraksi menepis tembakan Jadon Sancho dalam babak adu penalti laga final Euro 2020 melawan Inggris di Stadion Wembley, 11 Juli 2021.

Donnaruma adalah pahlawan Italia yang sukses menjaga gawangnya pada laga final yang diselesaikan dengan adu penalti usai Italia dan Inggris bermain 1-1 di waktu normal dan perpanjangan waktu.

Halaman:
Baca tentang
Sumber FirstPost
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com