Kompas.com - 13/07/2021, 21:10 WIB
Cristiano Ronaldo mengeksekusi tendangan bebas pada laga SPAL vs Juventus yang digelar di Stadion Paolo Mazza, Sabtu (22/2/2020). AFP/ISABELLA BONOTTOCristiano Ronaldo mengeksekusi tendangan bebas pada laga SPAL vs Juventus yang digelar di Stadion Paolo Mazza, Sabtu (22/2/2020).

KOMPAS.com - Wasit dalam permainan sepak bola memberikan tendangan bebas sebagai hukuman pada sebuah tim setelah pemainnya melakukan pelanggaran di lapangan.

Ketentuan tendangan bebas ini terbagai menjadi beberapa jenis, termasuk dalam prosesnya ketika diambil oleh seorang pemain.

Rangkaian tendangan bebas berdasarkan prosesnya terbagi menjadi dua macam, yakkni seremonial maupun dilakukan sesegera mungkin (quick free kick).

Syarat terjadinya rangkaian proses tendangan bebas tersebut mengacu pada tatanan Laws of the Game yang dikeluarkkan Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB).

Dari segi teknis pelaksanaan tendangan bebas harus tunduk pada keputusan wasit sebagai pemimpin jalannya pertandingan.

Namun, setiap pemain dari dua tim yang bertanding secara sah dapat mempengaruhi bentuk rangkaian tendangan bebas yang terjadi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Berapa Jarak Pagar Hidup dalam Tendangan Bebas pada Sepak Bola?

Tendangan bebas seremonial

Bentuk rangkaian tendangan bebas seremonial dilakukan dengan menunggu tiupan peluit wasit atau melibatkan adanya pendirian pagar hidup, dengan jumlah pemain tertentu.

Ragam tendangan bebas seperti ini terjadi apabila ada permintaan dari pemain tim penerima pelanggaran kepada wasit, untuk mengatur jarak pagar hidup anggota kubu lawan dari bola.

Dalam situasi lain, tendangan bebas seremonial dilakukan apabila wasit terlebih dahulu menghentikan permainan untuk memberikan kartu maupun adanya pemain yang mengalami cedera.

Karena situasi tersebut, maka tendangan bebas yan dilakukan harus menunggu peluit wasit sebagai syarat dimulainya permainan kembali.

Halaman:


Sumber UEFA,IFAB
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.