Kompas.com - 10/07/2021, 10:20 WIB
KOPENHAGEN, DENMARK - 27 JUNI: Pelatih timnas Spanyol, Luis Enrique berinteraksi dengan pemainnya dalam sesi latihan tim jelang laga 16 besar Euro 2020 kontra Kroasia pada 27 Juni di Stadion Parken, Kopenhagen, Denmark, pada 27 Juni 2021. Martin Rose - ©UEFAKOPENHAGEN, DENMARK - 27 JUNI: Pelatih timnas Spanyol, Luis Enrique berinteraksi dengan pemainnya dalam sesi latihan tim jelang laga 16 besar Euro 2020 kontra Kroasia pada 27 Juni di Stadion Parken, Kopenhagen, Denmark, pada 27 Juni 2021.

KOMPAS.com - Pertandingan sepak bola merupakan permainan beregu yang mengutamakan kerjasama antarpemain untuk dapat meraih kemenangan.

Jumlah pemain inti sepak bola dalam satu regu adalah 11 orang, di mana setiap pemain tentu memiliki skill masing-masing.

Namun, perlu dipahami bahwa dalam sepak bola juga ada sisi psikologis pemain.

Mengutip Inner Drive, psikologi olahraga atau sport psychology bermanfaat dalam membantu pesepak bola agar dia bisa berlatih dengan lebih fokus, bermain dengan lebih percaya diri, dan berefleksi lebih efektif setelah pertandingan.

Selain itu, faktor psikologi juga membantu seorang pemain sepak bola mempertahankan motivasi serta mengontrol emosi mereka.

Psikologi olahraga juga dapat membantu pesepak bola saat mengalami cedera dan menjalani periode pemulihan setelah cedera terjadi.

Psikologi olahraga sangat penting karena pada dasarnya pesepak bola juga merupakan manusia biasa yang memiliki rasa, hati, emosi, dan tak lepas dari masalah pribadi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Apabila tidak ditangani secara benar, masalah pribadi tersebut bisa berpengaruh terhadap permainan di lapangan. Masalah yang dihadapi seorang pemain juga bisa berdampak secara keseluruhan terhadap kinerja tim.

Baca juga: Mengapa Pemain Belakang Jarang Ambil Tendangan Penalti?

Di dunia sepak bola, ada beberapa tim yang menggunakan jasa psikolog. Salah satu tim yang pernah menempatkan seorang psikolog di dalam tim adalah klub Liga 1, Persebaya Surabaya.

Jika tim pelatih bertugas membentuk permainan tim melalui strategi, tugas psikolog di dalam tim adalah menyelesaikan permasalahan pribadi si pemain.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.