Kompas.com - 08/07/2021, 23:00 WIB
Bek Spanyol Sergio Ramos mengeksekusi penalti tetapi gagal dalam pertandingan bola UEFA Nations League Swiss vs Spanyol di Stadion St. Jakob-Park di Basel pada 14 November 2020. AFP/FABRICE COFFRINIBek Spanyol Sergio Ramos mengeksekusi penalti tetapi gagal dalam pertandingan bola UEFA Nations League Swiss vs Spanyol di Stadion St. Jakob-Park di Basel pada 14 November 2020.

KOMPAS.com - Eksekutor tendangan penalti biasanya adalah seorang penyerang atau pemain tengah. Hanya sedikit pemain belakang yang mengambil tendangan penalti, salah satunya adalah Sergio Ramos.

Selama gelaran Euro 2020, tercatat ada 17 tendangan penalti di mana sembilan di antaranya sukses dikonversi menjadi gol.

Dari sembilan penalti yang menjadi gol tersebut, semuanya dieksekusi oleh penyerang.

Beberapa pemain berposisi penyerang yang berhasil mencetak gol via tendangan penalti adalah Cristiano Ronaldo (vs Hongaria dan Perancis), Patrik Schick (vs Kroasia), dan Romelu Lukaku (vs Italia).

Sementara itu, pemain bertahan semisal bek kiri Swiss, Ricardo Rodriguez, gagal melaksanakan tugasnya ketika mengambil tendangan penalti kontra Perancis.

Baca juga: Hukuman Handball, dari Tendangan Bebas hingga Penalti

Adapun, Ricardo Rodriguez menjadi salah satu dari sedikit pemain belakang yang mengambil tendangan penalti pada Euro 2020.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nama lainnya adalah wing-back Makedonia Utara, Ezgjan Alioski, yang juga gagal mencetak gol dari titik putih dalam pertandingan melawan Ukraina.

Kemudian pada babak adu penalti di fase gugur, juga tidak banyak pemain belakang yang maju sebagai eksekutor penalti.

Dari tiga pertandingan yang berakhir dengan adu penalti, tercatat hanya nama-nama Fabian Schar, Manuel Akanji (Swiss), Presnel Kimpembe (Perancis), dan Leonardo Bonucci (Italia) yang maju sebagai algojo penalti.

Lantas mengapa pemain bertahan atau bek jarang mengambil tendangan penalti dalam sebuah pertandingan?

Baca juga: Teknik Tendangan Penalti Hop, Gaya Khas Jorginho dan Bruno Fernandes

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.