Kompas.com - 07/07/2021, 13:40 WIB
Penyerang Barcelona Lionel Messi (kiri) mencetak gol keduanya via tendangan bebas dalam pertandingan Liga Spanyol Valencia vs Barcelona di Stadion Mestalla di Valencia pada 2 Mei 2021. AFP/JOSE JORDANPenyerang Barcelona Lionel Messi (kiri) mencetak gol keduanya via tendangan bebas dalam pertandingan Liga Spanyol Valencia vs Barcelona di Stadion Mestalla di Valencia pada 2 Mei 2021.

KOMPAS.com - Penyerang asal Argentina, Lionel Messi, mempunyai kepiawaian dalam mengeksekusi tendangan bebas langsung.

Tidak heran, jika tendangan bebas merupakan salah satu sumber gol yang dicetak oleh Lionel Messi sepanjang kariernya.

Kemampuan melakukan eksekusi bola mati tersebut, kerap ditunjukkan Messi baik ketika membela timnas Argentina atau saat bermain dengan klub asal Liga Spanyol, FC Barcelona.

Menariknya, catatan panjang gol yang dicetak oleh Lionel Messi, mulai menyaingi rekor sejumlah legenda sepak bola lain seperti Diego Maradona, David Beckham, hingga Ronaldinho.

Berdasarkan data dari laman Goal, Lionel Messi telah mencetak 58 gol dari tendangan bebas hingga 4 Juli 2021.

Raihan itu sudah membuat Messi melampaui jumlah gol tendangan bebas milik Cristiano Ronaldo yang berjumlah 56 buah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Jumlah Gol Lionel Messi di Barcelona

Sedangkan rekor tendangan bebas milik mendiang Diego Maradona menghasilkan 62 gol sepanjang kariernya.

Gol terakhir yang dibuat Lionel Messi melalui sepakan bebas terjadi dalam laga perempat final Copa America 2021 antara Argentina melawan Ekuador pada Minggu (4/7/2021) WIB lalu.

Dalam laga itu, Argentina meraih kemenangan 3-0 atas Ekuador dengan torehan gol Messi terjadi pada pengujung babak kedua.

Jumlah gol Lionel Messi dari situasi tendangan bebas untuk timnas Argentina, termasuk catatan terakhirnya ke gawang Ekuador, mencapai delapan buah.

Sementara torehan 50 gol dari tendangan bebas milik Lionel Messi lainnya, tercipta saat mengenakan seragam klub FC Barcelona di berbagai ajang.

Lionel Messi (kiri) saat mengeksekusi tendangan bebas pada laga pekan ke-21 Liga Spanyol yang mempertemukan Barcelona vs Athletic Bilbao di Stadion Camp Nou, Minggu (31/1/2021).AFP/ LLUIS GENE Lionel Messi (kiri) saat mengeksekusi tendangan bebas pada laga pekan ke-21 Liga Spanyol yang mempertemukan Barcelona vs Athletic Bilbao di Stadion Camp Nou, Minggu (31/1/2021).

Rangkaian gol Lionel Messi yang dibuatnya melalui tendangan bebas berawal dalam laga melawan Atletico Madrid di kompetisi teratas Liga Spanyol, LaLiga, pada Oktober 2008.

Adapun catatan paling baru gol tendangan Lionel Messi dari sepakan bola mati, dibukukannya pada Mei 2021 di ajang LaLiga melawan Valencia.

Baca juga: Ketika Lionel Messi Tolak Penghargaan di Copa America

Berikut adalah daftar lengkap jumlah gol tendangan bebas Lionel Messi, seperti dilansir dari berbagai sumber hingga Juli 2021:

Gol Tendangan Bebas Lionel Messi

Tim Ajang Kompetisi Jumlah Gol
Barcelona LaLiga 39
  Liga Champions 5
  Copa del Rey 3
  Piala Super Eropa 2
  Piala Super Spanyol 1
Timnas Argentina Piala Dunia 1
  Kualifikasi Piala Dunia 3
  Copa America 4
TOTAL   58

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber GOAL
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.