Kompas.com - 06/07/2021, 10:40 WIB
Pebola voli Indonesia memblok smash dari pemain Korea Selatan pada pertandingan babak perempatfinal bola voli putri Asian Games 2018 di Tennis Indoor Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (29/8/2018). Tim voli Korea Selatan menang dan melanjutkan ke semifinal. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGPebola voli Indonesia memblok smash dari pemain Korea Selatan pada pertandingan babak perempatfinal bola voli putri Asian Games 2018 di Tennis Indoor Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (29/8/2018). Tim voli Korea Selatan menang dan melanjutkan ke semifinal.

KOMPAS.com - Pukulan awal untuk mengawali permainan dalam olahraga bola voli disebut sebagai servis (service), yang dilakukan oleh salah seorang pemain dari ujung belakang garis lapangan.

Bola hasil pukulan servis menjadi bagian dari permainan setelah dipukul serta mengarah ke dalam lapangan pertandingan.

Sebutan lain untuk servis dalam permainan voli adalah pukulan sajian pertama, yang menjadi pertanda berjalannya permainan.

Cara melakukan pukulan pertama atau servis dalam permainan bola voli terbagi menjadi tiga jenis yakni servis atas, servis atas, dan servis dengan melompat.

Servis yang dilakukan dengan gerakan melompat ke udara dinamakan jump service.

Teknik servis dengan melompat atau disebut juga sebagai jump service dalam permainan bola voli, merupakan teknik pukulan awal dengan kategori kesulitan tinggi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dibutuhkan ketepatan saat melompat maupun melakukan perkenaan sehingga bola hasil servis tidak gagal melintasi net.

Baca juga: 3 Jenis Servis dalam Bola Voli

Pada permainan bola voli, jika pemain yang gagal pada saat melakukan servis maka akan memberi poin kepada kubu lawan.

Sebaliknya apabila sebuah servis menghasilkan bola yang tidak mampu diantisipasi serta jatuh di lapangan lawan maka akan menghasilkan angka.

Maka, servis bisa disebut sebagai bentuk serangan pertama yang dilakukan pada permainan bola voli, karena bisa memberi peluang mencetak angka bagi sebuah tim.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.