Kompas.com - 03/07/2021, 23:20 WIB
Salah satu anggota Jogjakarta Climbing Club (JCC) rappeling dari Jembatan Babarsari, Sleman. Dokumentasi Jogjakarta Climbing ClubSalah satu anggota Jogjakarta Climbing Club (JCC) rappeling dari Jembatan Babarsari, Sleman.

SWISS, KOMPAS.com - Atlet panjat tebing Indonesia, Veddriq Leonardo meraih medali emas pada kejuaraan dunia panjant tebing, IFSC Climbing World Cup Villars.

"Veddriq meraih emas untuk nomor kecepatan (speed) putra," kata pernyataan Pengurus Besar Federasi Panjat Tebing Indonesia (PB FPTI), hari ini.

Atlet panjat tebing Indonesia Veddriq Leonardo (kanan) bertanding melawan Kiromal Katibin (kiri) pada babak final speed putra ajang panjat tebing Asian Championships 2019 di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (9/11/2019). Veddriq berhasil meraih medali emas sedangkan Kiromal Katibin memperoleh medali perak.KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO Atlet panjat tebing Indonesia Veddriq Leonardo (kanan) bertanding melawan Kiromal Katibin (kiri) pada babak final speed putra ajang panjat tebing Asian Championships 2019 di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (9/11/2019). Veddriq berhasil meraih medali emas sedangkan Kiromal Katibin memperoleh medali perak.

Veddriq mengalahkan atlet Rusia Dmitri Timofeev pada babak final.

Baca juga: Atlet Panjat Tebing Indonesia Bikin Rekor di IFSC Boulder World Cup Amerika

Ia mencatatkan waktu 5,329 detik.

Angka capaian ini unggul 2,021 detik dari lawan Veddriq itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Medali Olimpiade Tokyo yang dibuat dari limbah elektronik. 6 juta di antaranya adalah limbah ponsel lawas yang diperoleh dari NTT DoCoMo.Engaget Medali Olimpiade Tokyo yang dibuat dari limbah elektronik. 6 juta di antaranya adalah limbah ponsel lawas yang diperoleh dari NTT DoCoMo.

Veddriq adalah pemegang rekor dunia nomor speed putra.

Pada kejuaraan dunia IFSC Climbing World Cup di Slat Lake City, Utah, AS, pada 29 Mei 2021, Veddriq mencatatkan waktu 5,208 detik.

"Saya sangat senang dengan kemenangan ini," kata Veddriq.

Atlet panjat tebing Indonesia, Veddriq Leonardo.Dok. FPTI Atlet panjat tebing Indonesia, Veddriq Leonardo.

Menurut Veddriq, pertandingan kali ini sangat menantang.

Selain Veddriq, pada ajang di Swiss itu, atlet Indonesia lainnya, Kiromal Katibin membawa pulang medali perunggu.

Pada perebutan juara ketiga, Kiromal menundukkan atlet Rusia Vladislav Deulin.

Atlet panjat tebing Indonesia Veddriq Leonardo saat bertanding pada babak final speed putra ajang panjat tebing Asian Championships 2019 di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (9/11/2019). Veddriq berhasil meraih medali emas mengalahkan atlet panjat tebing Indonesia Kiromal Katibin, dengan menorehkan catatan waktu 5,406 detik, sedangkan Kiromal Katibin 5,547 detik.KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO Atlet panjat tebing Indonesia Veddriq Leonardo saat bertanding pada babak final speed putra ajang panjat tebing Asian Championships 2019 di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (9/11/2019). Veddriq berhasil meraih medali emas mengalahkan atlet panjat tebing Indonesia Kiromal Katibin, dengan menorehkan catatan waktu 5,406 detik, sedangkan Kiromal Katibin 5,547 detik.

Kiromal mengalahkan Vladislav dengan capaian 5,306 detik.

Sementara, Vladivlav hanya menorehkan capaian 5,38 detik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.