Kompas.com - 02/07/2021, 10:00 WIB
Pelari Indonesia Lalu Muhammad Zohri (no.400) beradu kecepatan dengan pelari lainnya saat babak final Lari 100 meter Putra Asian Games ke-18 Tahun 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (26/8/2018). Lalu Muhammad Zohri gagal persembahkan medali KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELIPelari Indonesia Lalu Muhammad Zohri (no.400) beradu kecepatan dengan pelari lainnya saat babak final Lari 100 meter Putra Asian Games ke-18 Tahun 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (26/8/2018). Lalu Muhammad Zohri gagal persembahkan medali

KOMPAS.com - Lari jarak pendek termasuk dalam kategori atletik nomor cabang olahraga lari.

Lari jarak pendek atau dikenal dengan nama lain sprint, mengharuskan setiap atlet menempuh jarak tempuh pendek dalam waktu sesingkat mungkin.

Nomor-nomor lari jarak pendek yang diperlombakan di level internasional ada dua kategori, yaitu lapangan terbuka (outdoor) dan lapangan tertutup (indoor).

Untuk kategori lapangan terbuka (outdoor) meliputi nomor-nomor lari jarak pendek yang diperlombakan adalah 100 meter, 200 meter, dan 400 meter.

Baca juga: Mengapa Atletik Disebut Mother of Sport?

Sementara itu, lari jarak pendek yang dilombakan di lapangan tertutup atau indoor adalah lari 50 meter, 60 meter, 200 meter, dan 400 meter.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam melakukan lari jarak pendek, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pelari atau sprinter. Salah satunya soal tumpuan kaki saat melakukan lari.

Salah satu hal yang harus dihindari dalam lari jarak pendek adalah terlambat start.

Selain itu, beberapa hal lain yang harus dihindari dalam lomba lari jarak pendek adalah badan terlalu condong ke depan, melakukan gerakan zigzag, mendaratkan kaki menggunakan tumit, dan juga mengurangi kecepatan menjelang garis finis.

Baca juga: Lari Jarak Pendek: Pengertian dan Analisis Gerak

Pada artikel ini akan membahas kesalahan tumpuan kaki dalam lari jarak pendek.

Kesalahan tumpuan kaki dalam lari jarak pendek

Bagian kaki mana yang mendarat di atas tanah pada saat berlari cepat?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.