Kompas.com - 01/07/2021, 12:20 WIB
Gareth Bale saat hendak melakukan tendangan penalti dalam pertandingan Turki vs Wales di Stadion Olimpiade, Baku, Azerbaiijan, Rabu (16/6/2021) malam WIB. AFP/TOLGA BOZOGLUGareth Bale saat hendak melakukan tendangan penalti dalam pertandingan Turki vs Wales di Stadion Olimpiade, Baku, Azerbaiijan, Rabu (16/6/2021) malam WIB.

KOMPAS.com - Wasit akan memberikan hukuman jika terjadi pelanggaran dalam permainan sepak bola. Salah satu hukuman terberat dalam sepak bola selain kartu merah adalah tendangan penalti.

Pengertian tendangan penalti adalah metode menendang dalam pertandingan sepak bola yang dilakukan dari titik penalti berjarak 11 meter dari gawang.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), tendangan penalti adalah tendangan hukuman pada titik penalti yang diberikan wasit akibat pelanggaran yang dilakukan lawan dalam kotak penalti.

Dalam sebuah pertandingan sepak bola, pemain yang melakukaan pelanggaran di area gawang akan terkena hukuman tendangan penalti.

Contoh lain adalah seorang pemain di belakang, tangannya menyentuh bola di daerah kotak penalti, maka hukuman yang di berikan wasit adalah tendangan pinalti.

Baca juga: Teknik Menggiring Bola dengan Punggung Kaki

Wilayah kotak penalti adalah bagian dari lapangan sepak bola dengan ukuran panjang 40 meter dan lebar 16,5 meter di depan gawang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bagi tim yang mendapatkan hadiah tendangan penalti, ini akan menjadi kesempatan emas untuk mencetak gol.

Peraturan eksekusi tendangan penalti

Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional atau International Football Association Board (IFAB) telah mengatur tata cara melakukaan eksekusi penalti dalam Laws of the Game.

Berikut adalah prosedur menendang penalti yang benar menurut Laws of the Game IFAB.

1. Bola harus diam di titik penalti.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.