Kompas.com - 26/06/2021, 21:20 WIB
Skillzy, maskot Euro 2020, tengah berpose bersama trofi Henri Delaunay perlambang juara Piala Eropa. Twitter/Euro2020Skillzy, maskot Euro 2020, tengah berpose bersama trofi Henri Delaunay perlambang juara Piala Eropa.

KOMPAS.com - Kejuaraan sepak bola antarnegara Eropa, Euro 2020, meneruskan tradisi penggunaan maskot kejuaraan yang sudah berlangsung sejak 1980.

Maskot yang terpilih untuk ajang Euro 2020 adalah Skillzy, karakter animasi yang digambarkan sebagai seorang pesepak bola jalanan atau freestyler.

Skillzy diperkenalkan dalam pertandingan kualifikasi Piala Eropa 2020 antara Belanda dan Jerman pada Maret 2019 di Amsterdam.

Penampilan perdana sang maskot dilakukannya bersama dua orang freestyler kenamaan Eropa, Liv Cooke dan Tobias Becs.

Dalam seremoni jelang pertandingan tersebut, Skillzy memamerkan kemampuan juggling bola secara singkat di hadapan penonton.

Berbeda dengan gelaran Piala Eropa sebelumnya, karakter Skillzy tidak mewakilkan atau dikisahkan berasal dari salah satu negara tertentu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Profil Kota dan Stadion Tuan Rumah Euro 2020

Euro 2020 sendiri mengambil tempat di 11 kota dari negara berbeda, serta berencana menggelar partai finalnya di Stadion Wembley, London, Inggris.

Terlepas dari kemampuan olah bola yang ditunjukkan dalam sesi perkenalannya pada 2019 lalu, Skillzy rupanya tidak lepas dari kritik publik Eropa.

Kritikan dilontarkan terkat nama hingga penampilan karakter Skillzy yang dianggap tidak menarik minat anak-anak.

Utamanya terkait rupa sang maskot yang dinilai tidak proporsional, serta terlalu dipaksakan sebagai sosok freestyler.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.