Kompas.com - 23/06/2021, 13:00 WIB

KOMPAS.com - Warna pelangi beberapa kali muncul dalam pegiat sepak bola mulai dari pemain, klub, hingga sekelas event seperti Piala Eropa atau Euro 2020 yang tengah berlangsung.

Warna pelangi tersebut identik dengan simbol atau bendera khas kampanye kesetaraan gender, Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender (LGBT).

Bendera pelangi tersebut terdiri dari enam warna. Teratas berwarna merah yang berarti kehidupan, kemudian berurutan di bawahnya warna oranye (penyembuhan), kuning (sinar matahari), hijau (alam), biru (seni), dan ungu (keharmonisan).

Simbol kampanye tersebut dalam beberapa tahun terakhir acapkali muncul di dunia sepak bola.

Baca juga: Klasemen Euro 2020

Paling anyar, kiper timnas Jerman, Manuel Neuer, mengenakan ban kapten berwarna pelangi identik dengan bendera LGBT kala berlaga di babak penyisihan Grup F Euro 2020, Perancis vs Jerman pada (16 Juni 2021) dan Portugal vs Jerman (19 Juni 2021).

Selain itu, Barcelona baru saja mengunggah logo mereka dengan latar belakang bendera LGBT pada 22 Juni 2021 malam WIB.

Sebenarnya, apa itu LGBT dan mengapa hadir di sepak bola?

Sesuai dengan kepanjangannya, LGBT adalah gerakan yang mendukung keberadaan lesbian, gay, biseksual, dan transgender.

Melansir BBC, lesbian adalah seorang perempuan yang tertarik dengan perempuan lain. Kemudian, gay adalah seorang pria yang tertarik dengan pria lain atau sering dipakai untuk menggambarkan homoseksual.

Baca juga: Daftar Top Skor Euro 2020

Sementara biseksual merupakan orang tertarik baik kepada pria dan perempuan.

Lalu, transgender adalah orang yang identitas gendernya bukan laki-laki dan perempuan atau berbeda dengan yang biasa ditulis dokter di sertifikat kelahiran.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.