Mengenal Istilah Gol Bunuh Diri dan Blunder dalam Sepak Bola

Kompas.com - 21/06/2021, 00:00 WIB
Bek Jerman Mats Hummels bereaksi setelah mencetak gol bunuh diri pada laga Grup Euro 2020 antara Perancis dan Jerman di Allianz Arena, Muenchen, pada Rabu (15/6/2021) dini hari WIB. AFP/ALEXANDER HASSENSTEINBek Jerman Mats Hummels bereaksi setelah mencetak gol bunuh diri pada laga Grup Euro 2020 antara Perancis dan Jerman di Allianz Arena, Muenchen, pada Rabu (15/6/2021) dini hari WIB.

KOMPAS.com - Gol bunuh diri dan blunder menjadi momok menakutkan bagi seorang pesepak bola. Turnamen Piala Eropa atau Euro 2020 pun tak lepas dari gol bunuh diri dan blunder yang dilakukan oleh pemain salah satu tim peserta.

Hingga memasuki matchday kedua, Minggu (20/6/2021), telah tercipta lima gol bunuh diri di Euro 2020.

Merih Demiral tercatat menjadi pemain pertama yang mencetak gol bunuh diri pada Euro 2020.

Demiral mencetak gol bunuh diri ketika Turki kalah 0-3 dari Italia pada pertandingan pembuka Grup A Euro 2020 yang dilangsungkan di Stadion Olimpico, Sabtu (12/6/2021) dini hari WIB.

Selain Merih Demiral, ada empat pemain lain yang mencetak gol bunuh diri pada pertandingan Euro 2020 yaitu Wojciech Szczesny (Polandia vs Slovakia), Mats Hummels (Perancis vs Jerman), serta Ruben Dias dan Raphaël Guerreiro dalam laga Portugal vs Jerman.

Baca juga: Kisah Mats Hummels, Ketika Sang Anak Bangga dengan Gol Bunuh Diri

Gol bunuh diri pun menjadi mimpi buruk bagi kelima pemain tersebut. Sebab, gol bunuh diri yang mereka cetak turut berperan menghadirkan kekalahan bagi tim masing-masing.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bahkan, gol bunuh diri Mats Hummels menjadi penentu kekalahan Jerman dari Perancis pada pertandingan matchday pertama Grup F Euro 2020.

Pengertian gol bunuh diri dalam sepak bola

Menurut Cambridge Dictionary, istilah gol bunuh diri atau own goal dalam olah raga berarti sebuah kejadian di mana seorang pemain mencetak gol secara tidak sengaja ke gawang timnya sendiri.

Sementara itu, mengutip Goal International, istilah gol bunuh diri digunakan untuk menggambarkan momen ketika seorang pemain secara tidak sengaja atau sengaja memasukkan bola ke gawangnya sendiri.

Mantan bek Manchester City, Richard Dunne, adalah salah satu pemain yang "akrab" dengan gol bunuh diri.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X