Profil Jordi Alba, Bek Kiri Kapten Timnas Spanyol di Euro 2020

Kompas.com - 20/06/2021, 08:20 WIB
Aksi bek Spanyol Jordi Alba dan gelandang Swedia Sebastian Larsson pada laga Grup E Euro 2020 di Stadion La Cartuja, Sevilla, pada Selasa (15/6/2021) dini hari WIB. AFP/PIERRE-PHILIPPE MARCOUAksi bek Spanyol Jordi Alba dan gelandang Swedia Sebastian Larsson pada laga Grup E Euro 2020 di Stadion La Cartuja, Sevilla, pada Selasa (15/6/2021) dini hari WIB.

KOMPAS.com -Jordi Alba mendapatkan penghargaan Man of the Match usai Spanyol bermain imbang 1-1 menghadapi Polandia, dalam lanjutan penyisihan Grup E Euro 2020 pada Sabtu (19/6/2021) atau Minggu dini hari WIB.

Penghargaan sebagai pemain terbaik pertandingan itu menjadi milik Jordi Alba, sebab dianggap memberi kontribusi lebih dalam raihan hasil seri kedua bagi timnas Spanyol di penyisihan Grup E Euro 2020.

Dalam laga tersebut, Jordi Alba juga mengemban jabatan sebagai kapten tim menggantikan peran gelandang Sergio Busquets yang masih absen usai terpapar Covid-19.

Seperti dilansir dari laman Whoscored, Jordi Alba mempunyai sejumlah catatan yang memperlihatkan kinerjanya ketika skuad Spanyol bertahan maupun menyerang.

Catatan tersebut antara lain melakukan tiga kali sapuan bola dari wilayah permainan Spanyol sepanjang laga, sekaligus memotong aliran bola kubu Polandia sebanyak dua kali.

Jumlah operan sukses yang dilakukan oleh Jordi Alba mencapai 83 kali, atau terbanyak kedua dibandingkan pemain timnas Spanyol lain dalam laga tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Swedia Imbangi Spanyol, 17 Tembakan Matador Tak Mempan di Hadapan Para Prajurit Viking

Dari jumlah tersebut terdapat 56 operan yang mengarah ke depan, termasuk satu operan kunci dari sisi kanan pertahanan Polandia.

Kinerja baik Jordi Alba dalam laga melawan Polandia menunjukkan pengalamannya sebagai salah satu pemain paling senior dalam skuad La Roja.

Menginjak 32 tahun 2 bulan, usia Jordi Alba hanya kalah dari Busquets dibandingkan seluruh anggota skuad Spanyol di bawah asuhan pelatih Luis Enrique saat ini.

Status sebagai pemain senior juga dimilikinya ketika berada dalam skuad Barcelona, klub yang dibelanya sejak 2012 lalu.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X