Kompas.com - 18/06/2021, 19:40 WIB
Pemain Persebaya Surabaya musim 2020, Arif Satria, M Hidayat, David da Silva, Makan Konate dan Mahmoud Eid. KOMPAS.com/Suci RahayuPemain Persebaya Surabaya musim 2020, Arif Satria, M Hidayat, David da Silva, Makan Konate dan Mahmoud Eid.


KOMPAS.com - Hari ini 94 tahun lalu, klub sepak bola asal Jawa Timur, Persebaya Surabaya didirikan pada 18 Juni 1927.

Persebaya Surabaya hari ini Jumat (18/6/2021) merayakan ulang tahun ke-94. Berusia 94 tahun, klub berjulukan Bajul Ijo itu memiliki sejarah panjang.

Sejarah Singkat Persebaya Surabaya

Dilansir dari Kompasiana, Persebaya Surabaya yang dikenal sekarang dulunya bernama Soerabhaiasche Indonesische Voetbal Bond (SIVB).

Klub sepak bola Soerabhaiasche Indonesische Voetbal Bond didirikan pada 18 Juni 1927 oleh Paijo M. Pamoedji.

Baca juga: Asal-usul Sepak Bola

Didirikan oleh Paijo M. Pamoedji, SIVB menjadi bagian dari pertemuan bond (pertemuan sepak bola zaman penjajahan) untuk pembentukan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia pada 19 April 1930.

Setelah berdiri, klub sepak bola asal Surabaya itu sempat berganti nama. Pertama, pada tahun 1943 SIVB berganti nama menjadi Persibaja (Persatuan Sepak Bola Indonesia Soerabaja).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kemudian pada tahun 1960, nama Persibaja diubah menjadi Persebaya (Persatuan Sepak Bola Surabaya).

Setelah berganti nama menjadi Persebaya, klub asal Surabaya itu menjadi raksasa klub Perserikatan selain Persija Jakarta, PSM Makassar, PSMS Medan, dan Persib Bandung.

Saat kompetisi masih Perserikatan, Persebaya dua kali menjadi kampiun pada tahun 1978 dan 1988.

Kemudian di era Liga Indonesia, setelah PSSI menyatukan kompetisi Perserikatan dan Galatama pada 1994, Persebaya meraih gelar pertama di kompetisi baru pada musim 1996-1997.

Baca juga: PSSI: Sejarah, Fungsi, dan Tugasnya

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X