Kompas.com - 18/06/2021, 18:12 WIB
Tim Indonesia Offroad Federation (IOF) Jakarta memberi bantuan bagi para petani di Kampung Cegog, Desa Rancapinang, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten pada Sabtu (12/6/2021). IOF JakartaTim Indonesia Offroad Federation (IOF) Jakarta memberi bantuan bagi para petani di Kampung Cegog, Desa Rancapinang, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten pada Sabtu (12/6/2021).

UJUNG KULON, KOMPAS.com - Para anggota Indonesia Offroad Federation (IOF) Jakarta menjalankan misi sosial berkelanjutan untuk petani penggarap ladang di kawasan Provinsi Banten.

Para petani, seturut keterangan tertulis, IOF Jakarta, Jumat (18/6/2021), adalah warga di Kampung Cegog, Desa Rancapinang, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Pandeglang.

Biasanya mereka berladang dari pagi hingga sore hari.

Baca juga: Gaya Modifikasi Toyota Raize untuk Medan Offroad

Kampung Cegog merupakan kampung pesisir pantai selatan yang berbatasan langsung dengan kawasan Taman Nasional Ujung Kulon.

Di situ, hampir semua warga bekerja sebagai petani ladang dan sebagian lagi nelayan.

"Kami melaksanakan kegiatan itu pada Sabtu (12/6/2021) pekan lalu," kata Michael Punjabi dari Divisi Sosial IOF Jakarta.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Snorkel mobil 4X4cintamobil.com Snorkel mobil 4X4

Michael menerangkan, sebagaimana istilah olahraga otomotif offroad yakni mengendarai kendaraan di luar jalan raya seperti jalan tanah, lumpur, pasir, sungai, atau bebatuan yang masih dalam kondisi alami, para peserta kegiatan menempuh jarak 30 kilometer dari jalan negara di wilayah Cibaliung, Pandeglang secara offroad.

"Sebenarnya, jika melalui jalur jalan raya normal, waktu tempuhnya tiga jam," ucap Michael.

Namun begitu, pada saat pelaksanaan kegiatan, jalur normal itu tidak bisa dilewati.

"Sedang ada proses pengerjaan jalan sehingga kami harus memutar sejauh enam kilometer," imbuh Michael.

Salah satu peserta IOX 2019 Andalas berusaha melewati trek yang curam.Dok. IOX 2019 Andalas Salah satu peserta IOX 2019 Andalas berusaha melewati trek yang curam.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X