Kompas.com - 17/06/2021, 23:00 WIB
Pebasket Golden State Warriors, Stephen Curry, sedang mendribel bola pada laga melawan Indiana Pacers di Bankers Life Fieldhouse,  Senin (28/1/2019). AFP/ANDY LYONSPebasket Golden State Warriors, Stephen Curry, sedang mendribel bola pada laga melawan Indiana Pacers di Bankers Life Fieldhouse, Senin (28/1/2019).

KOMPAS.com - Point guard adalah salah satu posisi pemain dalam permainan bola basket. Seorang point guard memiliki karakteristik dan tugasnya sendiri.

Bola basket adalah jenis permainan bola besar yang dimainkan oleh dua regu atau tim secara berlawanan.

Jumlah pemain di masing-masing tim dalam sebuah pertandingan bola basket adalah lima (5) orang yang berada di lapangan.

Kelima pemain inti tersebut menempati posisi yang berbeda-beda dan memiliki tugas serta peran masing-masing.

Baca juga: 5 Posisi Pemain Bola Basket dan Tugasnya

Mengutip situs web Jr NBA, lima posisi pemain bola basket adalah point guard, shooting guard, small forward, power forward, dan center.

Kali ini, akan dibahas mengenai karakteristik dan tugas seorang pemain berposisi sebagai point guard dalam permainan bola basket.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Karakteristik pemain berposisi point guard

Point guard juga dikenal dengan Posisi 1 dalam permainan bola basket. Biasanya, posisi ini ditempati oleh pemain dengan postur tubuh paling pendek di dalam tim.

Pemain yang mengisi posisi point guard adalah pemain dengan kemampuan menggiring bola (dribble) dan mengumpan yang baik.

Baca juga: Tugas Pemain Berposisi Center dalam Bola Basket

Kemampuan seorang point guard akan lebih banyak diukur berdasarkan jumlah assist (umpan yang menghasilkan poin) daripada poin yang dia cetak.

Contoh bintang basket dunia yang berposisi sebagai point guard adalah Stephen Curry dan dua legenda basket NBA, Earvin “Magic” Johnson serta John Stockton.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X