Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil Aleksey Miranchuk, Motor Kemenangan Perdana Rusia di Euro 2020

Kompas.com - 17/06/2021, 06:10 WIB
Medikantyo Junandika Adhikresna

Penulis

Sumber UEFA

KOMPAS.com - Rusia mencatatkan kemenangan perdana di fase penyisihan Grup B Euro 2020 dengan menundukkan Finlandia 1-0 pada Rabu (16/6/2021) malam WIB.

Gol tunggal gelandang Aleksey Miranchuk pada pengujung babak pertama memberi harapan bagi Rusia untuk lolos menuju babak 16 besar.

Aleksey Miranchuk mencetak gol melalui tendangan melengkung usai menerima bola dari penyerang Artem Dzyuba di dalam kotak penalti Finlandia.

Ini merupakan kemenangan pertama timnas Rusia dalam enam pertandingan terakhir mereka di putaran final Piala Eropa sejak Euro 2012 lalu.

Selain mencetak gol kemenangan timnya atas Finlandia, Miranchuk juga berperan menjadi kreator serangan skuad asuhan pelatih Stanislav Cherchesov.

Terbukti sepanjang pertandingan, gelandang milik klub Atalanta itu membuat tiga operan kunci kepada rekan setimnya.

Baca juga: Skuad Rusia untuk Euro 2020

Jumlah tersebut merupakan yang terbanyak dibandingkan pemain lain dalam skuad Rusia dalam laga melawan Finlandia di Saint Petersburg Stadium itu.

Berkat kontribusinya di lapangan, Aleksey Miranchuk memperoleh gelar sebagai Man of The Match atau pemain terbaik dalam laga yang sama.

Laga melawan Finlandia merupakan kesempatan perdana bagi Miranchuk untuk tampil sejak awal untuk timnas Rusia di ajang Euro 2020.

Gelandang 25 tahun sebelumnya sudah menjadi bagian dari skuad Rusia yang tampil pada gelaran Piala Dunia 2018 lalu.

Namun, ketika itu pelatih Cherchesov hanya sekali menurunkannya sebagai pemain pengganti dari lima pertandingan timnas Rusia, yang melaju hingga perempat final.

Padahal, Aleksey Miranchuk sejatinya merupakan pemain serbabisa yang dapat menempati berbagai posisi di sektor lapangan tengah.

Hal itu dibuktikannya ketika tampil sebanyak 25 kali berseragam Atalanta, sepanjang musim 2020-2021 di ajang kompetisi tertinggi Liga Italia, Serie A.

Berposisi asli sebagai gelandang serang, Aleksey Miranchuk mampu menjalankan peran sebagai penyerang tengah, penyerang lubang, maupun gelandang sayap bersama Atalanta.

Baca juga: Bedah Kekuatan Grup B Euro 2020: Neraka Kecil buat Belgia

Dalam 25 penampilannya tersebut, Aleksey Miranchuk membukukan empat gol serta dua assist di kancah Serie A musim 2020-2021.

Biodata Singkat Aleksey Miranchuk

  • Nama Lengkap: Aleksey Andreyevich Miranchuk
  • Tempat/Tanggal Lahir: Krasnodar, Rusia/17 Oktober 1995
  • Kebangsaan: Rusia
  • Tinggi Badan: 182 cm
  • Kaki Dominan: Kiri
  • Posisi Bermain: Gelandang serang
  • Karier Sepak Bola: Lokomotiv Moscow (2013-2020) Atalanta (2020-sekarang)
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber UEFA
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com