Kompas.com - 16/06/2021, 20:40 WIB
Pebola voli Jepang Hiroki Ozawa melepaskan smes ke arah pebola voli Indonesia 1 pada babak semifinal bola voli 18th Asian Games Invitation Tournament di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Selasa (13/2/2017). Timnas Voli Jepang melangkah ke Final dan akan bertemu Timnas Indonesia 2. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGPebola voli Jepang Hiroki Ozawa melepaskan smes ke arah pebola voli Indonesia 1 pada babak semifinal bola voli 18th Asian Games Invitation Tournament di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Selasa (13/2/2017). Timnas Voli Jepang melangkah ke Final dan akan bertemu Timnas Indonesia 2.

KOMPAS.com - Cara sebuah tim mendapatkan angka dalam permainan bola voli adalah mengarahkan bola sehingga jatuh di wilayah permainan lawan, tanpa bisa dikembalikan atau dibalas.

Bentuk teknik mendapatkan angka dalam permainan bola voli secara sah disebut sebagai variasi atau upaya serangan.

Contoh dari upaya serangan oleh sebuah tim dalam permainan bola voli adalah teknik pukulan tajam di depan net, sehingga bola jatuh di bidang permainan musuh.

Gerakan memukul bola dengan keras dan tajam pada permainan bola voli disebut sebagai smash atau dikenal dengan spike.

Mengutip dari buku Teknik Dasar Bermain Bola Voli (2013) oleh Winarno dan kawan-kawan, smash merupakan bentuk serangan melalui pukulan keras ketika bola berada di atas jaring (net).

Upaya serangan melalui pukulan smes dalam permainan bola voli merupakan cara efektif, efisien, dan umum digunakan pemain dari sebuah tim untuk memperoleh angka.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Tahapan Melakukan Passing Bawah dalam Bola Voli

Adapun, posisi pemain yang ideal untuk melakukan smes atau serangan adalah berada di depan net atau garis depan lapangan permainan.

Terdapat 4 jenis smash pada bola voli yang dibedakan menurut variasi pukulan, tinggi, serta kecepatan laju bola.

  • Quick smash

Ragam teknik quick smash digunakan untuk menyelesaikan rangkaian upaya serangan cepat dalam permainan bola voli.

Ciri utama dari teknik quick smash adalah loncatan secara vertikal setinggi mungkin oleh seorang pemain sebelum memukul bola secepat mungkin.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X