Kompas.com - 14/06/2021, 12:30 WIB
Trofi Henry Delaunay simbol pemenang Piala Eropa dipajang di Stadion La Cartuja de Sevilla, Spanyol. Twitter/Euro2020Trofi Henry Delaunay simbol pemenang Piala Eropa dipajang di Stadion La Cartuja de Sevilla, Spanyol.

KOMPAS.com - Kejuaraan antar negara Eropa atau dikenal sebagai Euro merupakan perwujudan ide dari Sekretris Jenderal pertama Uni Asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA), Henri Delaunay.

Sayangnya, wacana kejuaraan antar negara Eropa baru terwujud pada 1960 atau lima tahun setelah Henri Delaunay wafat pada 1955.

Demi menghargai warisan ide dari Delaunay, UEFA mengabadikan namanya sebagai trofi kejuaraan empat tahunan tersebut.

Piala ini diberikan kepada timnas yang keluar sebaggai pemenangg Euro pada babak final, serta diangkat oleh sang kapten.

Konsep trofi untuk kejuaraan Piala Eropa kemudian diwujudkan Pierre Delaunay, putra kandung Henri, melalui rancangan bersama jenama desain Arthus-Bertrand.

Salah satu ciri desain trofi ini adalah adanya tiga tulisan yakni Coupe d’Europe (Piala Eropa), Coupe Henri Delaunay, dan Championnat d’Europe (Kejuaraan Eropa).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Siapa Pemain Termuda dan Tertua di Euro 2020?

Terdapat juga ukiran gambar seorang anak kecil yang sedang memainkan bola pada bagian belakang trofi tersebut.

Jelang edisi Euro 2008, trofi ini mendapatkan pembaruan rancangan mengingat reputasinya menurun dibandingkan kejuaraan UEFA lain, seperti Liga Champions.

Kali ini pembaruan rancangan dengan dasar bentuk trofi sebelumnya dilakukan oleh rumah desain asal Inggris, Asprey.

Model trofi saat ini mempunyai bobot delapan kilogram atau lebih berat dua kilogram dibandingkan rancangan sebelumnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber UEFA
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X