"Football Is Coming Home" dan Misi Inggris Memulangkan Sepak Bola ke Rumah

Kompas.com - 14/06/2021, 10:40 WIB
Para pemain timnas Inggris merayakan gol Raheem Sterling ke gawang Kroasia pada laga pembuka Grup D Euro 2020 di Stadion Wembley, London, Minggu (13/6/2021). AFP/GLYN KIRKPara pemain timnas Inggris merayakan gol Raheem Sterling ke gawang Kroasia pada laga pembuka Grup D Euro 2020 di Stadion Wembley, London, Minggu (13/6/2021).

KOMPAS.com - Kalimat "football is coming home" selalu mengiringi langkah timnas Inggris pada beberapa edisi terakhir turnamen besar termasuk Piala Eropa atau Euro 2020.

Inggris yang menjadi salah satu tuan rumah Euro 2020 mengawali langkah pada turnamen Piala Eropa edisi ke-16 dengan meraih kemenangan atas lawan yang kerap menyulitkan, Kroasia.

Menghadapi Kroasia pada laga perdana Grup D Euro 2020 di Stadion Wembley, Minggu (13/6/2021) malam WIB, Inggris berhasil menang tipis 1-0.

Gol semata wayang The Three Lions, julukan timnas Inggris, dicetak oleh Raheem Sterling pada menit ke-57.

Meski bukan kemenangan besar, raihan tiga poin kontra Kroasia tetap disambut meriah oleh para pendukung Inggris.

Baca juga: Inggris Vs Kroasia, Pahlawan Itu Bernama Raheem Sterling...

Melansir York Press, fans The Three Lions yang menyaksikan perjuangan Harry Kane dkk melalui layar lebar di Spark:York meneriakkan "Football's coming home!" sambil mengangkat tangan usai Inggris memastikan kemenangan atas Kroasia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, kalimat "football is coming home" bukan kali ini saja digemakan oleh pendukung Inggris.

Teriakan "Football is coming home!" terdengar semakin nyaring pada Piala Dunia 2018 di mana Inggris bermain apik sejak fase grup dan hanya kalah dari Belgia.

Sayangnya, harapan publik Negeri Ratu Elizabeth II untuk menyaksikan "sepak bola pulang ke rumah" harus pupus lantaran skuad besutan Gareth Southgate itu dikalahakan Kroasia pada semifinal.

Lantas apa sebenarnya makna "football is coming home" yang kerap disuarakan oleh para pendukung timnas Inggris?

Baca juga: Euro 2020 - Sinar Terang Para Pemain Tepi Pertahanan

Halaman:
Baca tentang


Sumber Goal
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X