Copa America 2021: Pembagian Grup, Peserta, dan Jadwal Lengkap

Kompas.com - 13/06/2021, 18:10 WIB
Para pemain timnas Brasil berselebrasi bersama trofi juara Copa America 2019 setelah mengalahkan Peru dengan skor 3-1 pada laga final di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, 8 Juli 2019. AFP/CARL DE SOUZAPara pemain timnas Brasil berselebrasi bersama trofi juara Copa America 2019 setelah mengalahkan Peru dengan skor 3-1 pada laga final di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, 8 Juli 2019.

KOMPAS.com - Kejuaraan sepak bola antar negara Amerika Selatan, Copa America 2021, mengambil tempat di Brasil pada 13 Juni hingga 10 Juli 2021.

Semula, kejuaraan negara anggota Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (CONMEBOL) itu menunjuk Argentina dan Kolombia.

Namun, CONMEBOL kemudian mencabut hak milik Kolombia sebagai tuan sementara Argentina mengundurkan diri akibat situasi pandemi Covid-19 yang urung mereda di negara tersebut.

Meskipun begitu, kedua negara itu tetap mengirimkan timnasnya untuk berkompetisi dalam gelaran Copa America edisi ke-47 kali ini.

Dilansir dari laman The Athletic, sampai sehari jelang digelarnya Copa America 2021 belum ada negara yang mengajukan keberatan atau mengundurkan diri.

Walaupun, berkembang kekhawatiran mengenai keamanan kompetisi dari segi kesehatan mengingat kondisi pandemi Covid-19 di Brasil.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Daftar Juara Copa America, Siapa Peraih Gelar Terbanyak?

Terdapat 10 timnas peserta ajang Copa America 2021 yang kesemuanya merupakan negara anggota CONMEBOL dan terbagi ke dalam dua grup.

Lima peserta yang tergabung di fase penyisihan dalam Grup A adalah Argentina, Bolivia, Uruguay, Chile, dan Paraguay.

Sementara, lima negara lain bergabung dalam Grup B termasuk tuan rumah Brasil bersama Kolombia, Venezuela, Ekuador, dan Peru.

Laga perdana atau pembuka Copa America 2021 mempertemukan Brasil melawan Venezuela, yang digelar pada Minggu (13/6/2021) atau Senin dini pagi WIB.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X