Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Shin Tae-yong Ubah Timnas Indonesia dari Tertua Jadi Termuda

Kompas.com - 10/06/2021, 15:20 WIB
Medikantyo Junandika Adhikresna

Penulis

KOMPAS.com - Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, melakukan peremajaan ketika menyusun skuadnya jelang Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G Zona Asia di Uni Emirat Arab.

Langkah pelatih Shin Tae-yong meremajakan timnas senior utamanya memanggil sederet pemain di bawah 22 tahun, jelang tiga pertandingan sisa Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G Zona Asia.

Berkat adanya kebijakan tersebut, muncul fakta terbaru mengenai perbandingan rata-rata usia pemain jelang pertandingan melawan Thailand dan Vietnam, pada 3 serta 7 Juni 2021.

Angka usia rata-rata skuad Indonesia jauh menurun dibandingkan kali terakhir tercatat jelang putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 pada Oktober 2019 lalu.

Ketika itu rata-rata usia pemain timnas, yang masih diasuh oleh pelatih Simon McMenemy, berada di angka 27,13 tahun.

Baca juga: 6 Pemain yang Tak Tergantikan pada 2 Laga Terakhir Timnas Indonesia

Menurut data yang dirilis oleh laman Fox Sports, timnas Indonesia menjadi skuad berusia tertua dibandingkan tim lain di Grup G.

Sebabnya, Simon McMenemy masih memanggil sejumlah pemain kawakan seperti penyerang Beto Goncalves dan kiper Wawan Hendrawan yang saat itu masing-masing menginjak 38 dan 36 tahun.

Memasuki era kepelatihan Shin Tae-yong, dua nama tersebut tidak lagi mendapat tempat di timnas Indonesia saat ini.

Tercatat terdapat lima pemain yang mendapat kesempatan tampil mengenakan seragam timnas Indonesia, sebelum menginjak 20 tahun dalam laga melawan Thailand dan Vietnam.

Baca juga: Skuad Timnas Indonesia Berdasarkan Usia, Bukti Shin Tae-yong Potong Generasi

Kelima pemain itu adalah bek Rizky Ridho (asal Persebaya), Pratama Arhan (PSIS), gelandang Witan Sulaeman (Radnik Surdulica), Genta Alparedo (Semen Padang), dan penyerang Saddam Gaffar (PS Sleman).

Bahkan pemain tertua timnas Indonesia dalam kedua pertandingan tersebut adalah penyerang Arema, Kushedyo Hari Yudo (27 tahun 10 bulan).

Maka tidak mengherankan jika kemudian usia rata-rata timnas Indonesia berbalik menjadi yang termuda dibandingkan para rival segrup di ajang kualifikasi Piala Dunia 2022.

Seperti dilansir dari laman Sportskeeda, rata-rata usia pemain timnas Indonesia jelang laga melawan timnas Thailand dan Vietnam lalu adalah 22,25 tahun.

Baca juga: Profil Shin Tae-yong, Pelatih Asal Korsel Pertama di Timnas Indonesia

Catatan tersebut berselisih dua tahun lebih dengan tim kedua termuda dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G Zona Asia yakni Vietnam (24,48 tahun).

Di sisi lain, skuad dengan rata-rata usia pemain tertua pada putaran akhir di grup tersebut adalah Malaysia (26,74 tahun).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com