Kompas.com - 10/06/2021, 14:00 WIB
Peraih medali emas bola voli Olimpiade Rio, Ricardo Lucarelli Souza dari Brasil, berpose dengan medalinya di lapangan voli tempat ia mulai berlatih sejak kecil, di Contagem, negara bagian Minas Gerais, Brasil pada 16 Mei 2021 DOUGLAS MAGNOPeraih medali emas bola voli Olimpiade Rio, Ricardo Lucarelli Souza dari Brasil, berpose dengan medalinya di lapangan voli tempat ia mulai berlatih sejak kecil, di Contagem, negara bagian Minas Gerais, Brasil pada 16 Mei 2021


KOMPAS.com - Gelaran pesta olahraga internasional terbesar di dunia, yakni Olimpiade Tokyo akan segera digelar.

Olimpiade Tokyo merupakan Olimpiade Musim Panas yang awalnya dijadwalkan bergulir pada 24 Juli hingga 9 Agustus 2020.

Akan tetapi, karena bumi sedang dilanda pandemi Covid-19, gelaran Olimpiade Tokyo pun diundur menjadi 2021.

Pada ajang olahraga multicabang ini, para atlet dari berbagai negara seluruh dunia tentu mengincar prestasi tertinggi yakni meraih medali emas.

Baca juga: Mengapa Atletik Disebut Mother of Sport?

Bagi para atlet dari seluruh cabang olahraga, berada di podium teratas dan menerima hadiah berupa medali emas merupakan suatu kebanggan tersendiri, apalagi medali emas Olimpiade.

Pelari Inggris Raya, Mo Farah, berfoto dengan dua medali emas Olimpiade Rio yang dimenanginya dari lomba lari nomor 5.000 meter dan 10.000 meter di dekat podium juara di Olympic Stadium, Rio de Janeiro, Brasil, Sabtu (20/8/2016).ERIC FEFERBERG/AFP PHOTO Pelari Inggris Raya, Mo Farah, berfoto dengan dua medali emas Olimpiade Rio yang dimenanginya dari lomba lari nomor 5.000 meter dan 10.000 meter di dekat podium juara di Olympic Stadium, Rio de Janeiro, Brasil, Sabtu (20/8/2016).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bicara soal medali emas Olimpiade, benarkah terbuat dari emas?

Mungkin banyak orang yang mengira bahwa medali emas pasti 100 persen terbuat dari emas.

Namun, medali emas Olimpiade ternyata tidak benar-benar terbuat dari emas murni.

Baca juga: Sejarah Lari Jarak Jauh

Dikutip dari Westword.com, sejatinya medali emas terbuat dari 92,5 persen perak dan sisanya dilapisi dengan sesedikitnya 6 gram emas.

Medali emas murni terakhir yang pernah diberikan kepada pemenang setiap cabang olahraga terjadi pada Olimpiade Musim Panas 1912 di Stockholm.

Baca tentang


Sumber westword
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.