Bedah Kekuatan Grup B Euro 2020: Neraka Kecil buat Belgia

Kompas.com - 03/06/2021, 13:45 WIB
Striker Timnas Belgia, Romelu Lukaku, saat merayakan gol ke gawang Denmark pada laga yang berlangsung di Stadion King Power, Leuven, Kamis (19/11/2020) dini hari WIB. AFP/JOHN THYSStriker Timnas Belgia, Romelu Lukaku, saat merayakan gol ke gawang Denmark pada laga yang berlangsung di Stadion King Power, Leuven, Kamis (19/11/2020) dini hari WIB.

KOMPAS.com - Persaingan fase penyisihan grup B Euro 2020 memunculkan persaingan sengit antara tiga tim langganan kejutan di ajang kejuaraan antarnegara Eropa.

Terdapat tiga negara yang mempunyai riwayat menghadirkan kejutan pada Piala Eropa, bergabung dalam grup B yakni Belgia, Denmark, dan Rusia.

Satu negara lainnya adalah Finlandia, yang tampil sebagai debutan pada ajang Euro 2020 setelah lolos dari babak kualifikasi.

Belgia digadang menjadi salah satu favorit meraih gelar juara Piala Eropa 2020, berbekal materi pemain yang tidak berbeda jauh dibandingkan tim Euro 2016.

Ketika itu Belgia melaju hingga babak perempat final, sebelum mengalami kekalahan dari Wales dengan kedudukan 1-3.

Skuad Belgia di ajang Euro 2020 beranggotakan pemain yang dianggap sebagai generasi emas sepak bola negara tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mulai dari penjaga gawang Thibaut Courtois, bek Toby Alderweireld, gelandang serang Kevin De Bruyne dan Eden Hazard, maupun penyerang Romelu Lukaku.

Baca juga: Bedah Kekuatan Grup D Euro 2020: Jalan Terjal Menanti Inggris

Prestasi terakhir timnas Belgia, yang kini diasuh pelatih Roberto Martinez, pada kejuaraan besar adalah menempati posisi ketiga Piala Dunia 2018 lalu.

Denmark dan Rusia, di sisi lain mempunyai modal untuk mengadang langkah Belgia lolos dari penyisihan Grup B dengan mulus.

Kasper Hjulmand, pelatih Denmark, memastikan timnya akan dibela pemain pilar seperti kiper Kasper Schmeichel, bek Simon Kjaer, serta dua gelandang Christian Eriksen dan Pierre-Emile Hojbjerg.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.