Kompas.com - 01/06/2021, 19:00 WIB
Kapten timnas Wales, Gareth Bale (kiri), merayakan gol Aaron Ramsey pada pertandingan Wales vs Hungaria dalam lanjutan kualifikasi Euro 2020 di Stadion Cardiff City, 19 November 2019. AFP/PAUL ELLISKapten timnas Wales, Gareth Bale (kiri), merayakan gol Aaron Ramsey pada pertandingan Wales vs Hungaria dalam lanjutan kualifikasi Euro 2020 di Stadion Cardiff City, 19 November 2019.

KOMPAS.com - Asosiasi Sepak Bola Wales (FAW) memanggil 26 pemain untuk bergabung dalam skuad timnas Wales menghadapi kejuaraan antarnegara Eropa, Euro 2020.

Euro 2020 menjadi kesempatan kedua bagi Wales untuk tampil di kejuaraan sepak bola tingkat benua tersebut, setelah melakukan debutnya pada edisi Piala Eropa 2016 lalu.

Wales mencetak sejarah dalam debutnya ketika itu, dengan melaju hingga babak semifinal sebelum kalah dari timnas Portugal dengan skor 0-2.

Prestasi tersebut membuat Wales sampai saat ini menjadi negara peserta Piala Eropa dengan jumlah penduduk paling kecil, yang pernah mencapai semifinal.

Robert Page akan menjadi pelatih Wales selama ajang Euro 2020, dengan status interim menggantikan Ryan Giggs.

Bergesernya tampuk kepelatihan timnas Wales secara sementara itu disebabkan masalah hukum berupa tuduhan kekerasan terhadap seorang wanita.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Skuad Ceko untuk Euro 2020

Seperti dilansir dari laman resmi UEFA, timnas Wales untuk ajang Euro 2020 memiliki sederet pemain yang berkarier di tataran kompetisi Liga Inggris.

Hanya ada dua nama yang berasal dari klub luar Liga Inggris, yakni gelandang Aaron Ramsey yang bermain untuk Juventus di ajang kompetisi teratas Liga Italia, Serie A.

Selain itu terdapat nama penyerang sayap Gareth Bale, yang tercatat sebagai pemain asal klub kasta tertinggi Liga Spanyol (LaLiga), Real Madrid.

Walaupun, sepanjang musim 2020-2021 lalu Gareth Bale membela Tottenham Hotspur di ajang tertinggi Liga Inggris, Premier League, sebagai pemain pinjaman.

Dalam daftar skuad tersebut juga terselip nama gelandang Rubin Colwill asal klub divisi kedua Liga Inggris (Championship), Cardiff City.

Pemanggilan menuju ajang Euro 2020, sekaligus menjadi kesempatan perdana bagi Rubin Colwill (19 Tahun) untuk membela timnas Wales.

Wales sendiri tergabung dalam Grup A pada babak penyisihan Euro 2020 bersama Swiss, Turki, serta salah satu negara tuan rumah yakni Italia.

Baca juga: Skuad Belanda untuk Euro 2020

Pertandingan pertama Wales akan mempertemukan mereka dengan Swiss pada 12 Juni mendatang di Olympic Stadion Baku, Azerbaijan.

Daftar Lengkap Skuad Wales untuk Euro 2020

Nama Pemain Usia Posisi Klub Asal
Adam Davies 28 Penjaga Gawang Stoke City
Wayne Hennessey 34 Penjaga Gawang Crystal Palace
Danny Ward 27 Penjaga Gawang Leicester City
Chris Mepham 23 Bek Tengah AFC Bournemouth
Joe Rodon 23 Bek Tengah Tottenham Hotspur
Ben Cabango 21 Bek Tengah Swansea City
Tom Lockyer 26 Bek Tengah Luton Town
Ben Davies 28 Bek Kiri Tottenham Hotspur
Rhys Norrington-Davies 22 Bek Kiri Sheffield United
Neco Williams 20 Bek Kanan Liverpool
Connor Roberts 25 Bek Kanan Swansea City
Chris Gunter 31 Bek Kanan Charlton Athletic
Ethan Ampadu 20 Gelandang/Bek Tengah Chelsea
Matthew Smith 21 Gelandang Tengah Manchester City
Joe Allen 30 Gelandang Tengah Stoke City
Joe Morrell 24 Gelandang Tengah Luton Twon
Jonathan Williams 27 Gelandang Tengah Cardiff City
Aaron Ramsey 31 Gelandang Tengah Juventus
Dylan Levitt 20 Gelandang Tengah NK Istra
Rubin Colwill 19 Gelandang Tengah Cardiff City
David Brooks 23 Winger AFC Bournemouth
Daniel James 23 Winger Manchester United
Harry Wilson 24 Winger Liverpool
Gareth Bale 31 Winger Real Madrid
Tyler Roberts 22 Penyerang Tengah Leeds United
Kieffer Moore 28 Penyerang Tengah Cardiff City

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.