Kompas.com - 01/06/2021, 16:00 WIB
Pemain Persisam Putra Samarinda, Ferdinand Sianaga (kanan) berebut bola dengan pemain Arema Indonesia, Nasser, saat berlaga di turnamen Trofeo Persija 2012 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (24/11). Turnamen segitiga tersebut diselenggarakan untuk memperingati HUTke-84 Persija Jakarta dan diikuti oleh tiga tim, yaitu Persija Jakarta, Arema Indonesia, dan Persisam Putra Samarinda. Ketiga tim tersebut saling bertemu dalam pertandingan satu babak 1x45 menit. Persija Jakarta menjadi juara setelah mengalahkan Persisam Putra Samarinda 1-0 di pertandingan pertama dan menundukkan Arema Indonesia dengan skor 2-1 di laga kedua. KOMPAS/YUNIADHI AGUNGPemain Persisam Putra Samarinda, Ferdinand Sianaga (kanan) berebut bola dengan pemain Arema Indonesia, Nasser, saat berlaga di turnamen Trofeo Persija 2012 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (24/11). Turnamen segitiga tersebut diselenggarakan untuk memperingati HUTke-84 Persija Jakarta dan diikuti oleh tiga tim, yaitu Persija Jakarta, Arema Indonesia, dan Persisam Putra Samarinda. Ketiga tim tersebut saling bertemu dalam pertandingan satu babak 1x45 menit. Persija Jakarta menjadi juara setelah mengalahkan Persisam Putra Samarinda 1-0 di pertandingan pertama dan menundukkan Arema Indonesia dengan skor 2-1 di laga kedua.

KOMPAS.com - Trofeo adalah istilah yang cukup populer di dunia sepak bola. Di Indonesia, salah satu trofeo yang terkenal adalah Trofeo Persija yang digelar oleh tim asal Ibu Kota, Persija Jakarta.

Awalnya, Trofeo Persija digulirkan untuk menyambut hari ulang tahun klub yang jatuh pada 28 November.

Pada edisi pertama yang digelar pada 2011, Persija bertanding menghadapi PSMS Medan dan Sriwijaya FC.

Kemudian pada 2019 lalu, sebuah trofeo juga digelar di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, dengan nama Trofeo Hamengkubuwono X Cup 2019.

Pada saat itu, tim pesertanya adalah PSIM Yogyakarta selaku tuan rumah, Bali United, dan timnas U-23 Indonesia.

Baca juga: Apa Itu Gol Tandang?

Timnas U-23 Indonesia yang waktu itu dilatih oleh Indra Sjafri tampil sebagai juara Trofeo Hamengkubuwono X Cup 2019.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lantas apa sebenarnya arti trofeo dalam sepak bola?

Secara harfiah, kata "trofeo" tidak bermakna sistem atau format turnamen. Dalam bahasa Italia, trofeo berarti piala.

Pada 2001, tiga klub top Liga Italia yaitu Juventus, Inter Milan, dan AC Milan bertemu dalam sebuah turnamen pramusim yang bertajuk Trofeo TIM.

Turnamen tersebut tidak diakui oleh badan sepak bola dunia (FIFA) sebagai pertandingan resmi karena aturan permainan yang digunakan tidak sesuai dengan hukum sepak bola FIFA dan Badan Asosiasi Sepak Bola Internasional atau IFAB.

Baca juga: Apa Itu Doping dalam Olahraga?

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X