Kompas.com - 29/05/2021, 18:00 WIB
Johann Zarco saat balapan pada MotoGP Prancis 2021. (Photo by JEAN-FRANCOIS MONIER / AFP) JEAN-FRANCOIS MONIERJohann Zarco saat balapan pada MotoGP Prancis 2021. (Photo by JEAN-FRANCOIS MONIER / AFP)

KOMPAS.com - MotoGP merupakan ajang balap motor paling bergengsi di dunia. Ajang balapan motor satu ini sudah digelar sejak tahun 1949.

Di dalam ajang balap MotoGP, terdapat berbagai istilah-istilah balapan. Salah satunya adalah grid atau starting grid.

Grid adalah garis di mana pebalap bersiap untuk memulai balapan. Dalam satu baris biasanya terdapat 3 (tiga) grid.

Selain itu, apa saja istilah-istilah dalam MotoGP? Dikutip dari KOMPAS.com Otomotif, berikut ini adalah beberapa istilah-istilah dalam balapan motor MotoGP:

  • Apex

Istilah satu ini merupakan titik terapat dari sebuah tikungan. Titik ini biasanya dilalui oleh pebalap sebelum mulai keluar dari tikungan dan berakselerasi.

Baca juga: Kenapa Ban MotoGP Diselimuti Sebelum Balapan?

  • Braking Marker atau Braking Point

Braking Marker atau Braking Point adalah titik pengereman, di mana pebalap biasanya mulai mengerem sebelum memasuki tikungan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Biasanya, pebalap menggunakan papan iklan, atau benda mencolok lainnya di sisi sirkuit untuk dijadikan patokan. Tiap pebalap biasanya memiliki acuan titik pengereman sendiri.

  • Compounds

Istilah satu ini ditujukan untuk tipe atau bahan penyusun ban.

  • Chicane

Chicane adalah lintasan yang berbentuk seperti huruf "S". Biasanya bagian trek ini terdapat dua atau lebih tikungan langsung dalam jarak dekat, misalnya, dari kiri ke kanan atau sebaliknya.

  • Dry Race

Balapan dengan permukaan lintasan balap yang kering.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X