Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Batal Gabung Timnas Indonesia, Apakah Elkan Baggott Bisa Membela Negara Lain?

Kompas.com - 25/05/2021, 15:20 WIB
Ervan Yudhi Tri Atmoko

Penulis

KOMPAS.com - Batalnya Elkan Baggott bergabung dengan timnas Indonesia mengundang polemik panjang. Bahkan, sempat muncul spekulasi bahwa pemain Ipswich Town itu sudah tidak mau lagi membela Tim Garuda.

Nama Elkan Baggott sejatinya masuk dalam daftar 28 pemain yang dipanggil pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, untuk menjalani laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan dua uji coba di Dubai, Uni Emirat Arab.

Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PSSI Yunus Nusi menjelaskan bahwa ada beberapa alasan yang membuat Elkan Baggott tidak bisa bergabung dengan skuad timnas Indonesia.

"PSSI sudah berkomunikasi dengan Elkan Baggott, ia menyatakan bahwa tidak dapat bergabung bersama timnas Indonesia untuk Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Dubai," ungkap Yunus seperti dikutip dari laman resmi PSSI.

"Klubnya (Ipswich Town) sebenarnya sudah memberikan jawaban kepada PSSI bahwa Elkan Baggott akan bergabung bersama timnas Indonesia pada 31 Mei, namun yang bersangkutan tidak bisa berangkat," imbuh Yunus.

"Menurut Elkan bahwa Dubai termasuk zona merah pandemi Covid-19. Ia pun harus menjalani karantina apabila kembali ke Inggris dan klubnya sudah melakukan persiapan pra musim mulai awal Juni mendatang. Terkait hal ini kami sudah berkomunikasi dengan pelatih Shin Tae-yong," tutur Yunus Nusi.

Baca juga: Shin Tae-yong Kesal karena Elkan Baggott Batal Gabung Timnas Indonesia

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan pun ikut angkat bicara soal polemik Elkan Baggott yang batal bergabung dengan timnas Indonesia untuk laga Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu sempat membuat analisis soal kemungkinan Elkan bergabung ke timnas lain termasuk Thailand.

"Itu yang saya analisis kemarin. Ketika Elkan Baggott pindah ke Thailand, tentu saja kami tidak bisa gunakan jasanya di timnas Indonesia," ujar Mochamad Iriawan di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (24/5/2021), dikutip dari BolaSport.com.

Diketahui, Elkan Baggott memiliki darah Indonesia dari sang ibu. Hal ini membuatnya bisa mendapatkan paspor Indonesia dan mengikuti pemusatan latihan Timnas U-19 beberapa waktu lalu.

Meski begitu, bek tengah berusia 18 tahun tersebut masih bisa membela timnas negara lain, salah satunya Thailand.

Baca juga: Profil Arif Satria, Bek Persebaya dan Timnas Indonesia yang Sempat Bermain di Liga 3

Elkan bisa memperkuat timnas Thailand karena ia lahir di Bangkok, ibu kota negara tersebut.

Selain itu, Elkan juga memiliki peluang bermain untuk timnas Inggris, negara asal ayahnya.

FIFA selaku organisasi induk sepak bola dunia memang mengizinkan seorang pemain yang sudah berpindah kewarganegaraan untuk membela timnas negara barunya, asalkan sesuai statuta yang berlaku.

Dalam statuta FIFA soal "Aplikasi untuk Diterima FIFA" Pasal 8 ayat 1 disebutkan bahwa seorang pemain hanya bisa satu kali meminta perubahan asosiasi di mana ia bisa memainkan pertandingan internasional.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com