Kompas.com - 21/05/2021, 19:20 WIB
Dua pelari Indonesia Odekta Elvina Naibaho (ketiga kiri) dan Triyaningsih (kanan) berpacu dengan pelari lainnya pada Lomba Lari 10.000 Meter Putri SEA Games ke-30 di Stadion Atletik New Clark, Filipina, Minggu (8/12/2019). Odekta Elvina Naibaho berhasil mencapai finis urutan ketiga dengan catatan waktu 36 menit 42,28 detik sehingga meraih medali perunggu. ANTARA FOTO/NYOMAN BUDHIANADua pelari Indonesia Odekta Elvina Naibaho (ketiga kiri) dan Triyaningsih (kanan) berpacu dengan pelari lainnya pada Lomba Lari 10.000 Meter Putri SEA Games ke-30 di Stadion Atletik New Clark, Filipina, Minggu (8/12/2019). Odekta Elvina Naibaho berhasil mencapai finis urutan ketiga dengan catatan waktu 36 menit 42,28 detik sehingga meraih medali perunggu.

KOMPAS.com - Atletik merupakan salah satu olahraga yang paling banyak diminati di sejumlah negara, termasuk Indonesia.

Hal tersebut terlihat dari antusiasme masyarakat ketika ada perlombaan atletik.

Perlombaan atletik selalu ada di setiap event olahraga seperti Pekan Olahraga Nasional (PON), SEA Games, Asian Games hingga Olimpiade.

Atletik biasanya populer pada ajang olahraga multicabang seperti Olimpiade.

Baca juga: Sejarah Lari Jarak Jauh

Sebab, pada event seperti Olimpiade, hampir seluruh negara di dunia turut berpatisipasi pada ajang empat tahunan tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun ragam cabang atletik meliputi lari, lompat, serta lempar atau tolak, dengan mengambil tempat perlombaan pada sebuah lintasan maupun lapangan.

Seorang atlet lempar cakram tengah melakukan persiapan untuk melempar cakram.www.worldathletics.org Seorang atlet lempar cakram tengah melakukan persiapan untuk melempar cakram.

Tiap cabang olahraga ini diperlombakan secara perorangan kecuali pada nomor seperti estafet yang dilakukan secara bersambung oleh empat pelari.

Berbicara soal atletik, tahukah Anda bahwa atletik disebut mother of sport? Lalu mengapa disebut demikian?

Baca juga: Lari Jarak Pendek: Pengertian dan Analisis Gerak

Atletik Disebut Mother of Sport

Istilah atletik berasal dari bahasa Yunani, yaitu “Athlon” yang berarti bertanding atau berlomba.

Mengutip buku Pendidikan Jasmani dan Olahraga Adaptif (2019), karya Dr. Tatang Muhtar, M.Si dan Dr Anggi Setia Lengkana, M.Pd, menjelaskan alasan atletik disebut sebagai mother of sport.

Atletik disebut sebagai mother of sport atau ibu dari olahraga karena di dalam atletik tersebut terkandung unsur-unsur gerak dasar yang dibutuhkan oleh semua cabang olahraga, seperti gerak lari, lompat, dan lempar.

Oleh karena itu, cabang olahraga yang disebut sebagai mother of sport adalah atletik.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.